Taman Bunga di Bandung yang Banyak Dikunjungi Pelancong

Taman Bunga di Bandung banyak pilihan. Beberapa tempat bahkan menjadi favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya. Taman-taman itu tersebar di beberapa kawasan, seperti di Bandung Barat, Utara, dan Selatan.

Taman bunga di Bandung yang paling gres adalah Grace Rose Farm. Lokasinya ada di Jalan Sersan Bajuri No 305, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya berjarak sekitar 14 KM dari pusat kota Bandung.

Grace Rose Farm yang luasnya mencapai 5 hektare sangat memanjakan pecinta bunga dan tentu bagi yang senang berfoto di spot-spot menarik. Di sepanjang jalan di taman ini terlihat beragam jenis tanaman dan bunga berwarna – warni. Ada tidak kurang 600 jenis tanaman hias yang ada di sana.

Harga tiket ke tempat wisata ini pada Senin-Jumat Rp 20.000 dan untuk Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional Rp 25.000.

Taman bunga di Bandung lainnya adalah Rumah Bunga Rizal. Lokasinya berada di Jalan Raya Maribaya Km 2,4 Lembang. Kebun produksi ini sudah ada sejak tahun 1978. Awal kehadiran kebun bunga ini dari hobi para pengelolanya. Pada 2002, Rumah Bunga Rizal mengubah konsep kebun produksi menjadi kebun wisata.

barusen hills taman bunga di bandung
Wahana di Barusen Hills, Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung. | Foto http://barusenhills.com

Anggrek adalah komoditas andalan yang budidayakan di kebun Rumah Bunga Rizal sejak 1985. Utamanya memproduksi anggrek jenis Phalaenopsis (anggrek bulan), mulai dari bibit dalam botol, seedling, anggrek remaja, hingga berbunga. Di sini juga bisa menemukan berbagai anggrek jenis lain, seperti Dendrobium, Cattleya, Vanda, Bulbophylum, dan lain-lain.

Masih di Lembang ada Rainbow Garden. Lokasi wisata ini berada Jalan Grand Hotel No. 33E. Taman buang di Bandung ini menawarkan keindahan berbagai macam tanaman bunga. Penyusunannya dilakukan sedemikian rupa sehingga menyerupai pelangi. Pohon yang ditanam di Rainbow Garden lebih dari 100 jenis tanaman bunga.

Taman pelangi ini masih berada di kompleks wisata Floating Market. Sebelum masuk ke sini, pengunjung harus membayar tiket untuk masuk ke Floating Market Rp. 20.000. Kemudian harus bayar lagi Rp. 10.000 untuk masuk ke Rainbow Garden. Harga tiket di atas mungkin saja telah berubah tergantung pengelola Rainbow Garden.

Bisa juga ke Taman Begonia yang menjadi tempat spesial bagi penyuka tanaman, terutama bunga. Lokasi tempat menarik ini berada di Jalan Maribaya No. 120 A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini menjadi santapan yang doyan selfie untuk dipasang di Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

Taman Begonia merupakan kawasan yang ditanamani berbagai bunga taman, seperti Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Salvia, Bunga Geranium, dan beberapa jenis bunga lainnya.

Masih di Lembang ada Orchid Forest. Ini adalah wisata alam perkebunan dan pembibitan anggrek di tengah hutan pinus di Lembang. Tepatnya di Jalan Tangkubanparahu KM 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini berada di areal seluas 12 hektare dan berada di ketinggian sekitar 1.500 di atas permukaan air laut.

Taman Bunga di Bandung yang Memiliki 157 Koleksi Anggrek

Orchid Forest memiliki sekira 157 koleksi anggrek. Selain anggrek Indonesia, anggrek dari negera lain seperti Amerika Serikat, Peru dan Venezuela juga ada. Bahkan ada anggrek unggulan dan sudah langka seperti, Anggrek Hitam (Coelogy Pandurata ), Anggrek Kantong Semar (Paphopedilum Glaucophyllum), dan anggrek golongan Paraphalaenopsis Laycocky.

Untuk ke Orchid Forest pengunjung harus bayar Rp. 30.000/orang. Bagi yang membawa serta kamera DSLR, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000/orang. Tarif parkir kendaraan bermotor adalah Rp. 5.000/mobil dan Rp. 2.000/motor.

Di tengah kota ada Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa. Taman ini berada di Jalan Citarum No. 23 A, seberang Taman Lansia di Jalan Cilaki. Tak jauh dari Gedung Sate dan Museum Pos. Taman ini diresmikan Ridwan Kamil pada 30 Desember 2013.

Di taman yang luasnya sekitar satu hektare ini terdapat bermacam-macam tanaman hias, dan pohon-pohon rindang yang meneduhi taman ini. Selain jenis anggrek yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, ada beberapa bunga langka seperti Pinsettia, Kalanchoe, Amaryllis, Bogainvillea, Rhododendron dan lain-lain. Taman ini dibuka setiap hari mulai pukul pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis untuk menikmati taman ini.

Di kawasan Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung, pelancong bisa mengunjungi  Barusen Hills. Tempat wisata unik karena memberikan nuansa Belanda. Pengunjung bisa memanfaatkan ornamen-ornamen ala Belanda untuk berfoto dan taman bunga yang unik. (*)

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.