Orchid Forest Lembang, Satu Lagi Wisata Alam Menawan di Cikole

Orchid Forest Lembang adalah wisata alam perkebunan dan pembibitan anggrek di tengah hutan pinus di Lembang. Tepatnya di Jalan Tangkubanparahu KM 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini berada di areal seluas 12 hektare dan berada di ketinggian sekitar 1.500 di atas permukaan air laut.

Orchid Forest merupakan pusat pembibitan Angrek serta perkebunan Bunga Anggrek. Perkebunan ini menjadi salah satu tempat wisata edukasi unggulan bertaraf internasional, terutama dalam hal budidaya Angrek. Ke depannya akan diproyeksikan menjadi sebuah kawasan Hutan Anggrek Terbesar di Indonesia, bahkan juga Asia dan Dunia.

Orchid Forest memiliki sekira 157 koleksi anggrek. Selain anggrek Indonesia, anggrek dari negera lain seperti Amerika Serikat, Peru dan Venezuela juga ada. Bahkan ada anggrek unggulan dan sudah langka seperti, Anggrek Hitam (Coelogy Pandurata ), Anggrek Kantong Semar (Paphopedilum Glaucophyllum), dan anggrek golongan Paraphalaenopsis Laycocky.

Selain perkebunan anggrek, di Orchid Forest tersedia 3 kelompok besar tempat wisata yaitu outbound, olahraga dan leisure. Secara bertahap, fasilitas pendukung aktifitas wisata akan terus dibangun di kawasan wisata Orchid Forest. Satu di antaramya adalah snow bay terpanjang. Ini merupakan wahana wisata terbesar di Indonesia.

Ngopi di Orchid Forest Lembang

Orchid Forest Lembang
Orchid Forest di Jalan Tangkubanparahu KM 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. | Foto @orchidforestcikole instagram

Di Orchid Forest terdapat area outbound. Fasilitas outbound yang tersedia berdasarkan tingkatan usia. Untuk fun games, fun team building, company atau family gathering, dan character building bisa dilakukan di beberapa blok area terbuka dengan hamparan rumput hijau di antara deretan pohon pinus yang rindang.

Yang menarik lainnya adalah entrance building. Desainnya seperti kelopak bunga anggrek. Sebelum masuk pengunjung harus membeli tiket dulu di sini. Pada pembukaan biasanya ada sajian tarian ucapan selamat datang dari pengelola untuk pengunjung.

Bagi penikmat kopi ada cooffee corner di Orchid Forest. Pengelola bekerja sama dengan salah satu Coffee Shop di Bandung yaitu Armor Kopi. Menikmati segelas kopi panas dilengkapi camilan khas bandung seperti cireng, siomay atau batagor akan memberikan kenikmatan yang tak terlupakan. Coffee Corner Armor berada di pintu masuk gerbang Orchid Forest.

Fasilitas lainnya di tempat wisata ini adalah food court, tea house corner, taman baca anak, taman kelinci, pusat jualan anggrek, orchid clinik/green house, air soft gun activity, panahan, camping ground, picnic area, penangkaran rusa, spot photography, down hill track, highrope, papan turun tebing, dan sky bridge.

Untuk Orchid Forest pengunjung harus bayar Rp. 30.000/orang. Bagiyang membawa serta kamera DSLR, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000/orang. Tarif parkir kendaraan bermotor adalah Rp. 5.000/mobil dan Rp. 2.000/motor.

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.