Begonia yang Terhampar Menjadi Tempat Wisata Menarik di Lembang

Taman Begonia menjadi tempat spesial yang menyukai tanaman, terutama bunga. Lokasi tempat menarik ini berada di Jalan Maribaya No. 120 A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini menjadi santapan yang doyan selfie untuk dipasang di Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

Taman  yang bernama lengkap Taman Begonia Glory ini merupakan kawasan yang ditanamani berbagai bunga taman, seperti Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Salvia, Bunga Geranium, dan beberapa jenis bunga lainnya.

Taman tersebut berada di ketinggian 1.200 Mdpl. Tempat wisata ini tak hanya menawarkan hamparan bunga yang indah. Beberapa tanaman juga terdapat di sini, sepeti sayuran segar, yakni abe, jagung, terung ungu, tomat ceri, terung putih, brokoli, dan sebagainya.

begonia
Taman Begonia di Lembang. | Foto http://kebunbegonia.com/

Di tempat wisata ini pun terdapat kafe yang menawarkan menu yang sayang untuk dilewatkan. Istimewanya, sambil menyantap hidangan pengunjung bisa langsung menikmati keindahan bung-bunga di taman tersebut.

Fasilitas hiburan juga disediakan pengelola taman seperti outbound khas berkonsep “Fun Treasure Hunt, yakni puzzle treasure, secret passage, piñata, dan farm trekking.

Bisa Beli Begonia

Taman ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00. Untuk menikmatinya, pengunjung harus bayar Rp 10.000 perorang (Tarif tersebut bisa saja telah berubah). Wisatawan bisa membeli bunga khas Balinea ini Rp 20.000.

Taman ini bernama Taman Begonia karena di taman ini banyak tumbuh Bunga Balinea. Nama tersebut merupakan keepanjangan dari Bunga Begonia yang berasal dari Bali. Bunga ini bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi. Bunganya yang lebat menambah kecantikan tanaman hias tersebut.

Dalam laman Wikipedia disebutkan bunga ini  merupakan genus dalam keluarga tanaman berbunga Begoniaceae. Begonia adalah nama umum serta nama generik untuk semua anggota genus. Dengan lebih dari 1.500 spesies, Begonia adalah salah satu dari sepuluh genera angiosperma terbesar.

Bunga ini bisa tumbuh sepanjang musim, musim hujan ataupun panas. Pemeliharaanya pun tidak terlalu sulit. Tanaman ini cocok untuk ditanam di kebun, pekarangan, perumahan, hotel, dan taman kota, baik untuk di pot, balkon, maupun di tanah langsung. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.