Sanghyang Heuleut, The Hidden Paradise di Kawasan PLTA Saguling

SANGHYANG Heuleut adalah tempat wisata di kawasan PLTA Saguling, Kampung Cipanas, Desa Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempatnya tersembunyi di tengah hutan. Pengguna media sosial menamakan tempat ini “The Hidden Paradise” — surga yang tersembunyi.

Pengunjung yang tertarik ke Sanghyang Heuleut harus berjalan kaki sejauh kira-kira 3 Km dari tempar parkir sepeda motor. Justru karena berjalan itulah perjalanan ke Sanghyang Heuleut bisa lebih berkesan. Di sepanjang jalan, pengunjung bisa menikmati aliran sungai berbatuan besar. Para pengunjung harus melewati jalan setapak yang turun naik. Jika normal perjalanan bisa ditempuh dalam 50 menitan.

Bagi yang senang berfoto saatnya memanfaatkan keindahan alam tersebut. Pengunjung bisa berhenti di beberapa titik yang menarik untuk bergfoto atau berswafoto. Pengunjung jangan takut tersesat karena bisa menggunakan jasa pemandu. Biasanya pemandu ini meminta bayaran sebesar kisaran Rp 15.000-20.000. Jika kelelahan jangan pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati minuman yang penjualnya bisa ditemui di sepanjang perjalanan.

sanghyang heuleut
Sanghyang Heuleut . | Foto http://www.kompasiana.com/donilaksono/sanghyang-heuleut-negeri-khayangan-dari-bandung_56443c8a53977376083d34b7

Sebenarnya ada akses lain untuk menuju ke Sanghyang Heuleut, namun jaraknya jauh bisa menyita waktu satu sampai dua jam. Perjalanannya pun cukup sulit karena harus melewati jalanan yang terjal naik turun karena harus melewati jalan-jalan di pegunungan. Bagi yang senang mendaki gunung rute ini sangat cocok.

Keindahan Sanghyang Heuleut

Seperti apa keindahan Sanghyang Heuleut? Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau yang terbentuk dari aliran sungai. Aliran sungai yang disebut-sebit bagian Sungai Citarum Purba ini bermuara di kolam tersebut dan kembali ke sungai asal. Danau tersebut dikelilingi bebatuan besar, dan pepohonan. Bebatuan tersebut menjadi tempat untuk meloncat bagi yang berani dan menyukai tantangan.

Air danau tersebut jernih berwarna kehijauan terlihat sangat indah dari atas. Warna tersebut merupakan pantulan cahaya dari dedaunan pohon yang tumbuh liar di sekitar sungai. Air terjun kecil di sekitar danau tersebut menambah indahnya tempat wisata yang semakin populer setelah banyak orang mengunduhnya ke Sosmed.

Tempat yang indah dan asri masih dikelola sedanyany. Belum ada toilet atau tempat ganti baju. Untuk masuk ke sana pun, pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya saja pengunjung harus membayar biaya parkir di tempat yang tak jauh dari gerbang PLTA Saguling. Dari tempat parkir itulah pengunjung harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Bahan: Leisure, Tribun Jabar Edisi Rabu, 30 Maret 2016, Halaman 10

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “Sanghyang Heuleut, The Hidden Paradise di Kawasan PLTA Saguling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.