Nama Sungai di Bandung yang Paling Banyak Disebut

Nama sungai di Bandung itu banyak, namun yang paling sering disebut adalah Sungai Citarum. Sungai Citarum memanjang dari hulunya di lereng Gunung Wayang, Desa Cibeureum, Kertasari, Bandung hingga ujung Karawang perbatasan dengan Bekasi. Di  hulu sungai ada situ yang jadi tempat wisata, namanya Situ Cisanti.

Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Panjangnya mencapai sekitar 300 km. Aliran suangai ini selain dari  hulunya juga menampung air dari anak sungai yang masuk ke Citarum. Ada sekitar 21 anak sungai yang bermuara di Sungai Citarum.

Suangai Citarum semakin terkenal karena luapannya sering menimbulkan banjir di sisi-sisi sungainya. Contohnya setiap musim hujan di kawasan Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot kerap dilanda banjir.  Ketika  terjadi banjir warga mengungsi ke tempat lain. Banjir juga menyebabkan arus lalu lintas terputus. Akibatnya Jalan Terusan Bojongsoang selalau dilanda kemacetan.

citarum nama sungai di bandung
Jembatan Citarum di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. | Foto serbabandung.com

Pemerintah terus berusaha untuk meminimalisir terjadinya banjir. Rencananya di Cieunteung bakal dibangun danau resistensi untuk  menampung luapan Sungai Citarum. Pengerukan sungai telah dilakukan di sungai tersebut, namun hasilnya masih belum maksimal.

Sungai ini juga terkenal karena tingkat pencemarannya termasuk tinggi. Pencematan tak hanya dari limbah pabrik, tapi datang juga dari sampah rumah tangga.

Nama Sungai di Bandung yang Bermuara di Citarum

Nama sungai di Bandung lainnya adalah Sungai Cikapundung. Sungai ini berhulu di kawasan Gunung Bukit Tunggul, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan bermuara di Sungai Citaruk di kawasan Beleendah, Kabupaten Bandung.

Permasalahan sampah yang datang dari Kota Bandung sekarang menjadi pembahasan kedua kepala daerah untuk menuntaskannya. Sampah-sampah rumah tangga sering terlihat menumpuk di muara sungai tersebut ketika musim hujan tiba.

Cikapundung membelah Kota Bandung, termasuk membelah Jalan Asia Afrika. Di jalan tersebut sungai ini tertutup jalan. Nama Cikapundung berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sungai dan nama sejenis buah-buahan, kapundung atau kepundung (Baccaurea spp.).

Nama sungai di Bandung yang bermuara di Sungai Citarum selain Cikapundung: Cibeet,  Cikao, Cisomang, Cikundul, Cibalagung, Cisokan, Cimeta, Ciminyak, Cilanang, Cijere, Cihaur, Cimahi, Cibeureum, Ciwidey, Cisangkuy, Cidurian, Cipamokolan, Citarik, Cikeruh, dan  Cirasea.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Nama Sungai di Bandung yang Paling Banyak Disebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.