JL Soekarno Hatta Bandung, Pernah Jadi Jalan Terpanjang

JL Soekarno Hatta Bandung adalah satu jalan terpanjang di kota ini. Jalan ini memanjang mulai dari bundaran Cibiru hingga Jalan Sudirman. Banyak tempat-tempan menarik di jalan ini, mulai dari pusat perbelanjaan, kuliner, hingga barang bekas.

JL Soekarno Hatta Bandung sekira tahun 1980-an merupakan jalan terbesar di kota ini. Orang-orang pun menyebutnya jalan bypass. Pembuatan jalan ini tadinya untuk mengurangi kendaraan masuk ke kota. Jadi kendaraan yang dari selatan menuju Jakarta tanpa harus melalui jalan protokol, tetapi bisa langsung melewati jalan bypass ke arah Jalan Sudirman.

jl soekarno hatta bandung
Jalan Soekarno Hatta, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Namun fungsi itu kini telah berubah. Setelah ada jalan tol Padaleunyi, kendaraan yang dari luar kota tanpa harus masuk lagi ke Kota Bandung untuk melanjutkan perjalanan dati Jakarta ke selatan atau sebaliknya.

Setelah ada tol tersebut JL Soekarno Hatta Bandung pun akhirnya tak ada bedanya dengan jalan protokol lainnya di Bandung yang kerap terjadi kemacetan. Jalan Soekarno Hatta bukan jalan bypass lagi.

Jl Soekarno Hatta Bandung Memotong Beberapa Jalan

Jl Soekarno Hatta Bandung memotong beberapa jalan di kota ini seperti Jalan Buahbatu, Jalan Moh Toha, Jalan Kopo, dan Jalan Kiaracondong. Keempat jalan itu merupakan jalan-jalan yang arus lalu lintasnya termasuk padat. Akibatnya di keempat persimpangan tersebut kerap terjadi kemacetan, terutama pada pagi dan siang hari.

Dulu, sebelum jalan ini dibangun, Jalan Buahbatu menyambung ke arah Jalan Terusan Buahabtu kemudian ke Bojongsoang yang lebarnya tidak seperti sekarang. Jalan di sana saat itu hanya cukup untuk dua mobil. Ini adalah jalan perlintasan kendaraan dari arah Buahbatu ke Dayeuhkolot.

Adapun di daerah Jalan Moh Toha, sebelum ada Jl Soerkarno Hatta Bandung, orang lebih mengenal kawasan Cigereleng. Di Kopo juga begitu. Jalan ini merupakan jalur satu-satunya dari arah Bandung Selatan seperti dari Soreang untuk menuju ke pusat kota Bandung.

Untuk mengurangi kemacetan, rencananya di tiga persimpangan, yakni di Kopo, Buahbatu, dan Kiaracondong akan dibangun fly over. Wacana ini terlontar pada 2014, dan beberapa laman seperti detik.com memberitakan rencana tersebut. Namun hingga kini rencana tersebut belum terealisasi. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

2 thoughts on “JL Soekarno Hatta Bandung, Pernah Jadi Jalan Terpanjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.