Jalan Dr Ir Sukarno Dekat Gedung Merdeka Kawasan Asia Afrika

BANDUNG punya nama jalan baru, Jalan Dr Ir Sukarno. Jalan ini menggantikan nama Jalan Cikapundung Timur, yang membelah Sungai Cikapundung dan Gedung Merdeka. Memanjang dari Jalan Asia Afrika ke Jalan ABC.

Jalan tersebut diubah menjadi Jalan Dr Ir Sukarno untuk mengingatkan jasa Sukarno. Sebagai Presiden Pertama RI, Sukarno layak mendapatkan penghargaan tersebut. Sukarno bersama Mohammad Hatta adalah proklamator kemerdekaan bangsa ini

Jalan Dr Ir Sukarno Bandung.
Jalan Dr Ir Sukarno Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Dipilihnya jalan itu juga bukan tanpa alasan. Jalan Cikapundung Timur dekat dengan Gedung Merdeka. Gedung ini menjadi saksi bersejarah penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung selama tujuh hari, mulai 18 April hingga 24 April 1955.

Tidak jauh dari Jalan Cikapundung Timur terdapat sel Sukarno pernah ditahan. Sel ini tepatnya berada di Banceuy Permai. Dulunya Banceuy Permai adalah Lembaga Permasyarakatan Banceuy. Kemudian dibongkar, dan sel nomor 5 di Blok F masih dipertahankan dan bangunannya masih terlihat hingga sekarang.

Selain Gedung Merdeka, di jalan yang sekarang hanya untuk pejalan kaki saja (pedestrian) ini, tidak jauh dengan Jalan Braga yang sangat terkenal itu. Di sini juga terdapat Taman River Spot yang baru dibangun hampir berbarengan dengan penataan kawasan Gedung Merdeka untuk menyambut peringatan ke-60 KAA.

Kawasan itu berubah setalah adanya penataan. Kawasan Jalan Asia Afrika menjadi tujuan wisata buat warga Bandung dan luar Bandung. Wisatawan ke sana selain menikmati gedung-gedung bersejarah, juga hanya sekadar berjalan-jalan, dan berfoto ria seperti di halaman Gedung Mereka depan atau sampingnya.

Menurut Guruh Sukarno Putra, Jalan Sukarno ini merupakan satu-satunya di Indonesia karena baru Kota Bandung yang memilikinya. Di daerah lain biasanya nama Sukarno disandingkan dengan Hatta, seperti Jalan Soekarno-Hatta. Di Bandung juga terdapat Jalan Soekarno Hatta yang memanjang dari Jalan Sudirman hingga Cibiru.

Saking seringnya nama Bung Karno disandingkan dengan Bung Hatta, kata Guruh, banyak yang mengira nama lengkap Bung Karno adalah Sukarno Hatta.

“Saya merasa bahagia dan mengucapkan terima kasih, Jalan Cikapundung Timur diubah menjadi Jalan Sukarno,” ujar Guruh mewakili keluarga saat peresmian, Selasa (10/11/2015) di Jalan Dr Ir Sukarno. *

Jalan Dr Ir Sukarno

  • Dekat Gedung Merdeka
  • Dekat Jalan Braga
  • Terdapat River Spot
  • Tak jauh dari Jalan Banceuy
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.