De Ranch Lembang, Wisata Berkuda Ala Koboi

OBJEK wisata di Lembang yang menjadi pilihan pelancong adalah De Ranch Lembang. Ini adalah tempat wisata keluarga unik yang menawarkan nuansa ala koboi. Di De Ranch Lembang pengunjung bisa menunggang kuda di dalam lahan De Ranch, maupun di luar. Lahannya yang luas dan pemandangan alamnya yang indah menjadikan tempat ini menjadi pilihan.

Di De Ranch Lembang terdapat De’Ranch Saddle Club. Club ini menawarkan berbagai aktivitas berkuda. Anggotanya bisa naik kuda berputar, naik delman, jalan-jalan berkuda, dan berkuda seputar Lembang. Ada juga kegiatan belajar menunggang dan menambah pengetahuan memelihara kuda.

De Ranch Lembang
De Ranch Lembang, Kabupaten Bandung Barat. | Foto http://deranchlembang.com/

Yang hobi jalan-jalan sambil menunggang kuda bisa mendapatkan pengalaman istimewa dengan menelusuri jalan setapak, melewati pedesaan, dan melihat lebih dekat kehidupan pedesaan di Lembang. Penunggang yang belum berpengalaman akan didampingi oleh pemandu kuda menggunakan tali penuntun (lead rope).

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp. 200.000 (harga tersebut bisa saja telah berubah). Harga tersebut untuk sejam mengelilingi pedesaan yang jauhnya kurang lebih 10 km. Bisa juga paket 2 jam yang jaraknya lebih jauh lagi, yakni 20 km.

Jalan-jalan menunggang kuda bisa didapatkan pengunjung pada Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu/libur. Namun yang berminat mencobanya tidak bisa langsung mendapatkan pelayanan karena harus reservasi minimal 1 hari sebelumnya.

De’Ranch juga menyediakan fasilitas umum pendukung seperti musala, jalur untuk kursi roda dan peminjaman kursi roda gratis. Beberapa aktifitas keluarga yang ada di De’Ranch selain Menunggang Kuda ada fun boat, panahan, gold hunter, dan wahana lainnya.

Tempat wisaya de Ranch tadinya tempat pemeliharaan kuda tunggang, dan beberapa ekor sapi perah seluas 5 hektare. Perry Tristianto dari The Big Price Cut mengembangkannya menjadi wisata kuda ala koboi. De Ranch diresmikan pada Desember 2007.

Dalam laman deranchlembang.com De Ranch saat ini memiliki sekitar 20 ekor kuda dari berbagai daerah. Pengelolaan De Ranch bekerja sama dengan masyarakat pemilik kuda yang berdomisli di sekitar lokasi De Ranch di kawasan Maribaya, Lembang.

De Ranch Lembang

Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Sumber: deranchlembang.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “De Ranch Lembang, Wisata Berkuda Ala Koboi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.