Treetop Adventure Park di Kawasan Cikole, Lembang, Bandung Barat

Treetop Adventure Park mulai disukai bagi yang senang olahraga tantangan sekaligus bisa berwisata alam. Olahraga ini merupakan permainan yang melewati ringtangan dari pohon ke pohon. Permainan ini mulai disukai pada 1995 di Eropa, dan mulai menyebar ke seluruh dunia pada 2000.

Treetop mulai menyebar dari French Alps, Prancis. Tahun 2000-an, taman-taman permainan ini bermunculan. Ada sekitar 45 telah dibuat di Prancis. Penggemarnya permainan ini semakin banyak sehingga mulai menyebar ke negara-negara Eropa lainnya. Pada 2005, ada 300 taman Treetop yang tersebar di Inggris, Spanyol, Italia, Swiss, dan Kanada.

Setahun kemudian taman ini merambah Asia-Pasifik di Selandia Baru, Australia, Singapura, dan Jepang. Adapun Bali menjadi pelopor berdirinya Treetop Adventure Park di Indonesia. Tak hanya di Bali, di Tretes dan Kopeng juga hadir taman permainan ini.

Bandung tak tertinggal. Pada 2010, Bandung Treetop Adventure hadir di Cikole. Tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu, Bumi Perkemahan Cikole, di sebuah kawasan yang masih rimbun dengan pohon pinusnya. Taman ini masih masuk dalam jaringan Adventure Park.

Treetop Adventure Park
Treetop Adventure Park Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. | Foto http://www.bandungtreetop.com/galeri-foto

Ada beberapa permainan, mereka menyebutnya sirkuit, yang ditawarkan Bandung Treetop Adventure. Sirkuit tersebut disesuaikan dengan usia dan tinggi badan. Yellow Circuit misalnya, sirkuit ini baik untuk anak–anak minimal 4 tahun ketinggian platform hanya 2 meter dari tanah. Meski begitu pengunjung dewasa pun boleh menjajal sirkuit ini.

Discovery (Green Circuit) merupakan sirkuit ketinggian platforms hingga 5 meter. Sirkuit ini untuk perkenalan dengan tantangan yang sebenarnya. Untuk menjajal sirkuit ini pengunjung harus bertinggi badan minimal 130 cm atau bisa juga dengan pedamping.

Selain kedua sirkuit tersebut masih ada Blue Circuit, Orange Circuit, Red Circuit (Emotion), dan yang menantang Black Circuit. Untuk menjajal Black Circuit butuh keberanian dan kekuatan fisik penuh. Ketinggian platform hingga 20 m dan Flying Fox sepanjang 135 m.

Harga Menjajal Treetop Adventure Park

Untuk menjajal sirkuit-sirkuit tersebut pengunjung dilengkapi alat pengaman life-line support dan patrol guide di sepanjang sirkuit. Di atas bawah sirkuit siap memandu dan memberikan bantuan jika diperlukan. Sebelum memulai pengunjung harus mengikuti instruksi keselamatan oleh patrol guide.

Mulai 1 Agustus 2017 harga untuk menjajal sirkuit di sana untuk treetop dewasa Rp 200.000, treetop anak Rp 140.000, keluarga Rp 540.000 (2 dewasa & 2 anak), dan team building Rp 100.000. Harga untuk turis internasional Treetop Dewasa USD 22, Treetop Anak USD 16, dan Team Building USD 12.

Harga tersebut untuk bermain selama 150 menit, termasuk 2 jam dan 30 menit akses ke semua 8 tingkat sirkuit (88 tantangan, 24 flyng fox), peralatan keselamatan, bantuan dan dukungan oleh instruktur profesional, standar keselamatan Eropa (EN 15567-1) dikendalikan oleh manajemen Prancis, asuransi (untuk usia sampai 65 tahun), dan air mineral. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.