Wisata Bandung Utara yang Menawarkan Wisata Pendidikan

BANDUNG Utara adalah kawasan pegunungan yang sudah lama terkenal menjadi tempat wisata. Ada beberapa tempat wisata Bandung Utara yang memang telah populer dan banyak dikunjungi wisatawan seperti kawasan Lembang atau Dago. Kedua tempat itu sudah menjadi ikon bagi kawasan Bandung Utara.

Siapa yang tak kenal Lembang. Sebuah kota kecamatan di Kabupaten Bandung Barat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi serkarang setelah bermunculan tempat wisata baru, Lembang makin menjadi primadona tempat wisata Bandung Utara. Orang Bandung dan orang luar Bandung berbondong-bondong ke sana setiap pekan ingin menghilangkan kepenasaran.

Lembang memang tempat wisata Bandung Utara paling komplet. Di kawasan ini ada juga tempat wisata pendidikan. Di Lembang terdapat Observatorium Bosscha. Ini adalah observatorium yang telah berdiri sejak zaman Belanda. Pengelolanya mempersilakan warga untuk mengunjungi peneropong bintang tersebut dengan harus memenuhi persyaratan.

wisata bandung utara
Balitsa di Lembang. | Foto http://tempatwisatadibandung.info/wp-content/uploads/2016/10/Wisata-Di-Balitsa-Lembang.jpg

Warga bisa mengunjungi observatatorium pada Sabtu. Bagi yang ingin berkunjung bisa datang langsung ke sana. Pengelola hanya memberikan kesempatan mulai pukul 09.00-13.00 WIB. Untuk berkunjung ke sini tidak gratis, tapi pengunjung harus membayar Rp 15.000. Untuk infromasi jadwal dan tata cara kunjungan sebaiknya buka http://bosscha.itb.ac.id/id/index.php/jadwal-kunjungan/.

Wisata Bandung Utara di Cikole

Tempat wisata Bandung Utara yang sarat pendidikan juga ada di Balitsa Bandung atau Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Tempatnya di kaki Gunung Tangkubanparahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini pengunjung bisa menambah ilmu tentang pertanian. Pengunjung bisa melihat secara langsung tahapan atau proses penelitian berbagai jenis tanaman hortikultura.

Balitsa Bandung sebenarnya tempat untuk melakukan penelitian dan pengembangan tanaman. Namun karena keindahan pemandangannya, tempat ini kerap diburu para pehobi fotografi untuk mengabadikannya. Sering juga dijadikan tempat pre-wedding di tempat tertentu di kawasan ini.

Bagi yang suka burung di Lembang ada taman burung Bird & Bromelia Pavilion. Lokasinya ada di Kampung Sindang Waas, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini pengunjung tidak sekadar berpiknik tetapi bisa mengenal dan mempelajari burung-burung yang ada.

Taman burung ini menempati lahan kurang lebih 2 hektare. Di taman ini terdapat tak kurang dari 500 jenis burung. Burung-burung tersebut ada yang berasal dari Indonesia dan luar negeri seperti merpati, bebek, angsa, makaw, aneka jenis kakaktua dan betet, kalkun, merak, dan burung hantu.

Untuk menikmati wisata tersebut pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 35 ribu untuk hari biasa dan Rp 50 ribu untuk weekend. Harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijaksanaan pengelola Bird & Bromelia Pavilion. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

2 tanggapan untuk “Wisata Bandung Utara yang Menawarkan Wisata Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.