Taman Veteran, Lampunya Pancarkan Sinar yang Indah

BANDUNG punya taman baru. Lokasinya di persimpangan Jalan Veteran dan Jalan Ahmad Yani. Hanya beberapa meter sebelum simpang lima kalau dari arah Jalan Ahmad Yani. Taman ini merupakan revitalisasi dari taman yang telah ada sebelumnya. Orang menyebut taman ini Taman Veteran.

Taman ini tidak jauh dari toko-toko sepeda yang berjejer di Jalan Veteran dan Jalan Ahmad Yani. Kalau dari Jalan Naripan, taman tersebut berada di ujung jalan ini, tak jauh dari restoran soto Bandung, Restoran Ganefo.

Taman Veteran berbentuk segitiga, sesuai dengan bentuk sebelumnya. Di sana selain terlihat tumbuhan baru yang ditanam, terdapat beberapa pipa besar yang terpancang di tengah dan sisi-sisi taman tersebut.

taman veteran
Taman Veteran masih dalam tahap finishing di Jalan Ahmad Yani, Bandung. | Foto serbabandung.com

Pipa-pipa yang berwarna-warni di dalamnya dipasang lampu membuat indah taman tersebut pada malam hari. Sinar lampu tersebut terpancar dari pipa yang beberpa bagiannya sengaja dibolongi. Bolong-bolongnya yang bermotif menjadikan pancaran sinar lampu semakin indah terlihat. Lampu-lampu itu mulai dinyalakan menjelang malam hari.

Pipa yang terpancang tingginya sekitar 2,5 meter. Ada tujuh pipa di bagian pinggir dan lima lagi di bagian depan.
Diameter lubang pipa sekitar 15 sentimeter.

“Materialnya itu dari pipa yang bolong-bolong hibah PDAM, yang di dalam pipa tersebut ada lampu yang berwarna, sehingga ketika menjelang malam tepatnya magrib, mulai tampak daya tariknya,” kata Sekretaris Dinas PU Kota Bandung, Agoes Sjafruddin di Tribun Jabar edisi Selasa (10/1/2017).

Taman Veteran Anggarannya Mencapai  Rp 800 juta

Taman Veteran menghabiskan anggaran Rp 800 juta. Pengerjaannya telah dilaksanakan sejak November 2016, dan sekarang sudah bisa dinikmati warga. Luas area taman ini  560 meter persegi. Taman ini termasuk dalam proyek pengerjaan trotoar Jalan Ahmad Yani.

Di Taman Veteran tidak disediakan kursi seperti taman-taman lain. Taman ini khusus bagi yang ingin menikmati cahaya lampu dari pipa sekaligus berfoto-foto. Namun rencananya, seperti dikatakan Sekretaris Dinas PU Kota Bandung, Agoes Sjafruddin di Tribun Jabar edisi Selasa (10/1/2017), taman ini segera dipasang kursi untuk warga yang ingin menikmati keindahan taman ini sambil duduk.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.