Taman di Kawasan Cilaki yang Layak untuk Dinikmati

APAKAH Anda sedang berada di kawasan Cilaki, dekat Gedung Sate dan Lapangan Gasibu? Kalau iya, silakan nikmati taman di kawasan Cilaki. Satu di antaranya adalah Taman Lansia. Taman ini berada di antara Jalan Cilaki dan Jalan Cisangkuy. Tak jauh dari Gedung Sate, dan Museum Geologi di Jalan Diponegoro.

Dulu taman ini lebih dikenal dengan sebutan Taman Cilaki. Seperti halnya taman-taman yang lain, taman ini dijadikan warga untuk melepas lelah. Rimbunnya pohon di sana memberikan kesejukan bagi warga yang penat dengan pekerjaannya, atau bagi warga yang hanya untuk rehat saja.

Selain rimbunnya pohon di kawasan ini ada kuda-kuda yang bisa disewa oleh pengunjung. Pengunjung bisa mengitari taman tersebut dengan tarif yang telah ditentukan para “joki-joki” kuda yang sudah siap menunggu para pelanggan.

Taman di kawasan Cilaki lainnya adalah Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa. Tempat ini adalah hasil revitalisasi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Taman ini berada di Jalan Citarum No. 23 A, seberang Taman Lansia di Jalan Cilaki. Tak jauh dari Gedung Sate dan Museum Pos. Taman ini diresmikan Ridwan Kamil pada 30 Desember 2013.

taman di kawasan cilaki taman lansia
Taman Lansia. | Foto serbabandung.com

Di taman yang luasnya sekitar satu hektare ini terdapat bermacam-macam tanaman hias, dan pohon-pohon rindang yang meneduhi taman ini. Pengunjung bisa menikmatinya dengan duduk di bangku yang terbuat dari besi pipa, atau di bangku yang terbuat dari beton.

Selain jenis anggrek yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, di sini ada beberapa bunga langka seperti Pinsettia, Kalanchoe, Amaryllis, Bogainvillea, Rhododendron dan lain-lain.

Kicauan burung yang terdengar di taman ini menambah ketenangan bagi pengunjung yang hanya ingin sekadar duduk-duduk saja di taman ini. Suara motor dan mobil yang melewati taman ini tak mengalahkan kicauan burung yang hinggap di pohon-pohon di kawasan taman ini.

Taman di Kawasan Cilaki di Cibeunying

Cibeunying Park, taman di kawasan Cilaki lainnya yang berada di deretan Taman Lansia dan Taman Taman Pustaka Bunga. Taman-taman ini memanjang mulai dari Jalan Diponegoro hingga Jalan Bengawan. Taman ini sudah lama dikenal orang. Bahkan ketika Belanda masih menjajah Indonesia, taman ini sudah ada. Pada zaman itu, taman ini lebih dikenal dengan sebutan Tjibeunjing Plantsoen yang berfungsi sebagai hutan kota.

Taman Cibeunying pernah menjadi bursa tanaman hias pada 1980-an. Saat itu Wali Kotanya masih dijabat oleh Ateng Wahyudi. Taman Cibenying berubah dari sebuah taman menjadi kios-kios tanaman. Fungsi sebagai taman pun menghilang.

Belakangan Taman Cibeunying dibenahi. Di sana tak ada lagi kios-kios penjajak tanaman hias. Taman ini menjadi seperi luas. Rumput yang terhampar di sana menjadi tempat favorit untuk bercengkrama.

Tempet duduk yang tersedia berjejer rapi di pinggir mengelilingi taman itu. Tempat sampah juga terlihat unik. Di bagian lain tulisan besar Cibeunying Park berwarna merah putih menghiasi taman itu.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.