Skywalk Cihampelas, Tempat Belanja dan Nongkrong di Cihampelas

Satu lagi tempat berbelanja di Bandung. Tempatnya unik karena dibangun di atas jalan. Orang sering menyebutnya Skywalk Cihampelas. Tempat nongkrong sekaligus tempat belanja ini berada di Jalan Cihampelas. Memanjang mulai dari RS Advent hingga ke Hotel Promenade dekat Cihampelas Walk (Ciwalk).

Di Skywalk Cihampelas akan terdapat ratusan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai dagangan. Tak hanya itu untu mempercantik tempat tersebut terlihat petak-petak yang terlihat asri karena di sana ditanami tanaman hias.

Warna-warni kios pedagang dan lantai Skywalk Cihampelas tampak bisa menarik perhatian para pengunung. Untu melepas lelah serta sekadar ngobrol-ngobrol disediakan kursi-kursi yang terbuat diar tembok.

skywalk cihampelas
Desain Skywalk Cihampelas Bandung. | Foto Humas Pemkot Bandung.

Tempat wisata belanja baru ini mulai sudah dikunjungi sebelum diresmikan. Dibangunnya Skywalk Cihampelas ini selain untuk memberikan pilihan tempat belanja pada warga Bandung juga untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Cihampelas.

Kios-kios yang berkuran 2×2 meter dan 3×1,5 meter di skywalk akan ditempati 192 PKL yang bisa berjualan di Cihampelas Mereka adalah PKL kuliner hingga non kuliner.

Para PKL tersebut telah diundang Wali Kota Bandung ke Pendopo untuk melakukan registrasi, pendaftaran, dan penandatanganan, Senin (30/1/2016).

Para PKL yang derdagang di skywalk ini harus membayar biaya keamanan, kebersihan, dan listrik. PKL-PKL ini diberi waktu berdagang hingga pukul 22.00-23.00. Pembatasan waktu tersebut untuk menghindari penyalahgunaan.

Panjang Skywalk Cihempelas sekitar 450 meter dengan lebar 9 meter, dan kedalaman tiang pancang sekitar 9 meter, serta ketinggian sekitar 4,6 meter. Proses pengerjaannya berlangsung selama 2 bulan sejak pertengahan September 2016.

Skywalk Cihampelas dalam pembangunannya menggunakan metode design and build. Metode tersebut digunakan untuk memperpendek waktu pengerjaan. Anggaran pembangunan tempat ini Rp 48 miliar yang diambil dari APBD Kota Bandung.

Spesifikasi Skywalk Cihampelas

  • Panjang Skywalk Cihempelas sekitar 450 meter
  • Lebar 9 meter
  • Kedalaman tiang pancang sekitar 9 meter
  • Ketinggian sekitar 4,6 meter
  • Proses pengerjaannya berlangsung selama 2 bulan sejak pertengahan September 2016
  • Skywalk Cihampelas pembangunannya menggunakan metode design and build
  • Anggaran pembangunan tempat ini Rp 48 miliar yang diambil dari APBD Kota Bandung
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.