Sate Padang yang Lezat dan Nikmat di Bandung

KALI ini yang dibahas adalah kuliner bukan asli Kota Bandung.Tapi Kuliner asal Sumatra Barat yang banyak sekali penggemarnya di kota ini. Terbukti banyaknya pedagang makanan ini di beberapa kawasan kota ini.  Namanya sate Padang. Sate padang berbeda dengan sate madura atau sate lainnya yang dijual di Bandung.

Sate ini memiliki tiga varian yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate-sate ini yang membedakannya adalah kuahnya. Sate dari  Panjang memiliki  kuah sate  berwarna kuning,  sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang merupakan  perpaduan rasa kedua jenis sate tersebut.

Bahan sate ini memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan). Daging segar dimasukkan dalan drum besar berisi air dan direbus dua kali agar lunak menggunakan drum dan air yang berbeda. Daging diiris-iris dan dilumuri dengan bumbu dan rempah-rempah. Sate dibakar kalau ada yang memesan menggunakan arang tempurung kelapa.

image
Sate Padang Badano di Jalan Martanegara Bandung | Foto serbabandung.com

Bumbu sate padang  kental (mirip bubur). Bumbu tersebut  dari kaldu hasil godokan daging yang  dicampur dengan berbagai rempah-rempah yang telah dihaluskan, seperti  bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan serai. Kemudian ditambahkan berbagai macam cabai. Bumbu tersebut  dijadikan satu dan dimasak selama 15 menit.

Di Bandung salah satu sate Padang yang lezat adalah sate Padang Badano. Sate ini berada di Jalan Martanegara di depan warung  serba ada, tak jauh dari pertigaan Martanegara dan Turangga. Pembeli bisa memesan sate yang hanya dagingnya saja, atau jeroan. Harga satu porsi Rp 20.000 (harga ini kemungkinan bisa berubah).

Pada Selasa (4/5/2015) malam, tenda sate ini lumayan penuh pengunjung. Hampir semua meja yang berada di sini terisi. Belum lagi yang antre menunggu pesanan sate yang akan dibawa pulang. Tapi untung pelayanan yang cepat tidak membuat pembeli bosan menunggu hidangan tersebut.

Sate Padang Favorit Lainnya

Sate padang favorit lainnya adalah Sate Serasi Padang di Jalan Dipati Ukur, tak jauh dari Kampus Unpad lama. Di sini ada juga menu lain seperti minuman segar, seperti es jeruk. Kemudian sate lainnya terdapat di Jalan  Terusan Jakarta No. 104. Jangan lupa juga  Sate  “Bagindo” Cafe “Warung Sepoeloeh” Jl. Waas No 10 Batu Nunggal Bandung.

Di kawasan Pasirkoja, di Sumbersari ada Sate Chaniago. Kemudian Sate  Ajo Pariaman di Jalan Margacinta No. 15 Buahbatu, kemudian Sate  Bu Mus di  Jalan  Buahbatu No. 182, tak jauh dari Jalan Solontongan. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.