SAOENG Soenda adalah restoran khas masakan sunda yang berada di kompleks Paberik Badjoe di Jalan Soekarno Hatta, Kiaracondong. Rumah makan ini sesuai namanya menyediakan menu-menu khas Sunda yang populer seperti goreng ayam, gorang ikan gurami, nasi liwet, dan nasi timbel.

Nasi timbel di Saoeng Soenda disajikan dalam beberapa paket, satu di antaranya adalah paket goreng ayam, lalapan, sambal, goreng tempe, dan goreng tahu. Hidangan tersebut disajikan dalam wadah yang terbuat dari bambu dan alasnya menggunakan daun pisang.

Lokasi Saoeng Soenda tidak di tepi jalan sehingga pengunjung yang akan datang ke sana harus masuk dulu ke Kompleks Paberik Badjoe. Paberik Badjoe sendiri berada sebelum lampu lalu lintas simpang empat Jalan Terusan Kiaracondong dan Jalan Soekarno Hatta.

Area makan di Saoeng Soenda terbagi dua, yakni di lantai dasar dan lantai satu. Tempat makan di lantai dasar sangat luas. Area ini juga bisa digunakan untuk menggelar acara seperti reuni, gathering, atau lain-lain. Meja yang disediakan terbuat dari kayu dengan kursi dari rotan. Adapun di lantai atas terdapat ruangan-ruangan yang juga bisa digunakan untuk pertemuan.

Saoeng Soenda Dekat Kafetaria

Saoeng bandung
Saoeng Soenda di Kompleks Paberik Badjoe di Jalan Soekarno Hatta, Kiaracondong, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com

Di Kompleks Paberik Badjoe selain ada Rumah Makan Saoeng Soenda, juga ada Kafetaria. Kafetarianya berukuran sangat luas. Dapur, tempat para koki memasak, berada di antara meja-kursi para pelanggan. Pengunjung bisa menyaksikan langsung para koki memasak di dapur tersebut.

Paberik Badjoe adalah factory outlet yang selalu penuh saat menjelang Idulfiri dan akhir pekan. Factory outlet ini mengusung konsep gedung zaman dulu di Eropa. Sebuah jam di atas bagian depan tersebut memberikan kesan gedung tersebur berarsitektur gaya lama.

Ketika masuk ke dalam, suasananya seperti mengajak pengunjung ke sebuah pabrik. Langit-langitnya berpelapon besi tanpa eternit atau gipsum menutupinya. Cahanya pun remang-remang, hanya di beberapa bagian saja terdapat lampu yang menyala cukup terang.

Gedung ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama merupakan tempat baju dan aksesori untuk perempuan. Semua merek yang biasa diekspor tersedia di sini. Di lantai dua khusus untuk fesyen laki-laki. Merek-merek seperti Wrangler, Lee, Tira, Excecutive, dan merek lainnya tersedia di sini. Soal harga, di sini, relatif murah dibanding tempat lain.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.