Perpustakaan Anak Pustakalana di Jalan Cibeunying Selatan

Pustakalana adalah perpustakaan anak di Simpul Space #, Bandung Creative City Forum (BCCF), Jalan Cibeunying Selatan Nomor 5, Cihapit, Kota Bandung. Perpustakaan ini khusus menyediakan buku untuk anak-anak. Sejak berdiri pada 1 Desember 2015, perpustakaan ini koleksi bukunya mencapai 4.550 judul.

Puti Ceniza Sapphira (Chica) pendiri perpustakaan anak tersebut menjadikan perpustakaan tidak sekadar tempat membaca, melainkan juga ruang belajar yang menyenangkan dengan berbagai program aktivasi yang dilakukan. Di perpustakaan anak ini anak-anak bisa bermain, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, dan menjadi lebih dekat dengan orang tuanya.

Konsep tersebut diusung untuk mendukung visi dari perpustakaan anak ini. Viisi tersebut ingin menjadi sebuah komunitas yang mendukung tumbuh-kembang anak melalui usaha penyediaan akses terhadap buku-buku bermutu, mainan edukatif, dan kegiatan kreatif agar kelak mereka menjadi pribadi yang cerdas, kritis, terbuka, dan mudah beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang semakin cepat dalam era globalisasi ini.

Adapun misi perpustakaan anak ini adalah menyediakan ruang publik yang ramah anak di mana mereka bisa “berpetualang” di dunia pustaka; baik dengan membaca mandiri, dengan orang tua, atau dalam kelompok dalam bentuk kegiatan mendongeng.

Perpustakaan anak Pustakalana
Pustakalana .| Foto https://pustakalanalibrary.wordpress.com/tentang-pustakalana/welcome-to-pustakalana/

Perpustakaan anak ini berjalan dibantu oleh para relawan yang memiliki minat yang sama tentang literasi. Selain itu dibantu juga oleh pustakawan profesional untuk mengelola Pustakalana. Pengelola perpustakaan ini kini telah berjumlah 45 orang.

Cara Jadi Anggota Perpustakaan Anak Pustakalana

Untuk menikmati buku-buku di sini, anak-anak harus membayar Rp 10.000 per sekali kunjungan. Dengan membayar Rp 10.000 anak-anak bisa membaca buku sepuasanya di sana. Bila datang lebih dari satu anak, anak kedua dan seterusnya hanya bayar Rp 5.000.

Pustkalana juga membuka pendaftaran buat anggota dengan membayar Rp 50.000. Setelah membayar biasa awal pendaftaran calon anggota bisa memilih satu di antara empat jenis keanggotaan, yakni Kelinci, Beruang, Kanguru, dan Dinosaurus.

Untuk menjadi anggota jenis, calon anggota harus membayar lagi untuk Kelinci Rp 90.000 per tiga bulan, Beruang 120.000 per tiga bulan, Kanguru Rp 350.000 per tahun, dan Dinosaurus untuk member di luar Bandung Rp 120.000 per tiga bulan. Setiap jenis anggota memiliki fasilitas masing-masing yang bisa dinikmati oleh anggotanya.

Ingin lebih lengkap mengetahui info mengenai Pustakalana bisa baca di website resminya pustakalanalibrary.

https://portal.bandung.go.id/posts/2018/04/24/RNGY/kartini-milenial-kota-bandung-chiica-membuka-perpustakaan-pilihan-membahagiakan

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.