Perajin Gamelan Sulit Pasarkan Karyanya

SURYOTO, perajin gamelan,  mengaku kesulitan untuk menjual karyanya ke pasaran. Saat ini  katanya untuk menjual  gamelan satu set per bulan sudah bagus. Menurut Suryoto mulai bulan Februari  ini pesanan terus berkurang.

Bengkel gamelan Suryoto di Kampung Babakan Muslimin RT 03/06,  Kelurahan Mekarwangi,  Kota Bandung, tak begitu penuh oleh barang. Pekerjaan pun hanya dilakuan sendiri olehnya. Suryoto mengaku biasanya kalau pekerjaan lagi banyak memperkerjakan pegawai lain.

Pegawai yang didatangkan Suryoto biasanya berasal dari Jawa Tengah. Dia memang membutuhkan orang yang bisa mengukir. Jumlahnya bisa lima sampai enam orang, katanya, jika pesanan sedang banyak. “Kalau lagi ramai bisa 3 set per bulan,” katanya.

Bengkel perajin gamelan di ampung Babakan Muslimin RT 03/06, Kelurahan Mekarwangi, Kota Bandung | Foto serbabandung.com
Bengkel perajin gamelan di ampung Babakan Muslimin RT 03/06, Kelurahan Mekarwangi, Kota Bandung | Foto serbabandung.com

Suryoto mengaku selain memiliki bengkel di rumahnya juga sebuah gudang di kawasan Banjaran. Gudang tersebut untuk menyimpan kayu, kulit, dan bahan lainnya. Menurut Suryoto kayu yang baru dibeli jumlahnya bisa banyak tergantung pesanan. “Kayu itu kami simpan di gudang,” katanya Kamis (7/5/2015) siang.

Mengenai bahan, Suryoto tidak merinci secara jelas. Namun, katanya, tergantung barang itu adanya di mana. Jadi menurutnya tidak menentu dari mana bahan dasar gamelan teesebut didapatkan. “Kulit dari mana, kayu dari mana, tergantung bagus tidaknya bahan tersebut. Jadi ngga tentu,” katanya.

Perajin Gamelan Berharap Pasara Gamelan Tidak Terus Lesu

Suryoto berharap lesunya pasaran gamelan tidak terus berlanjut.  Dia mengaku membuat gamelan tidak semata karena uang, tapi juga ada keinginan dalam dirinya untuk melestarikan alat musik tradisional ini.

Untuk memesan karya Suryoto konsumen bisa langsung datang ke Kampung Babakan Muslimin RT 03/06,  Kelurahan Mekarwangi,  Kota Bandung.  Bisa juga melalui telepon ke nomor 0818614064. “Silakan  kalau mau pesan datang saja,” kata Suryoto.

Perajin gamelan juga ada di Bale Budaya,  Jalan Kopo,  Lingkar Selatan, samping Kantor Polisi Bojongloa Kidul. Peminat  bisa menghubungi lewat email  bale.budaya@yahoo.com atau ke nomor telepon 085222256606/(022)92313227.

Perajin lainnya adalah Mitra Budaya Bandung di Jalan Tegallega seberang PT. Inti samping gedung Pemuda Pancasila. Peminat bisa menghubungi nomor 08562126020. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.