Penjual Sepatu di Tegallega Tawarkan Harga Murah dan Bisa Ditawar

Cari sepatu bermerek yang harganya murah? Datang saja ke penjual sepatu Tegallega di Jalan Oto Iskandardinata. Tepatnya di pertigaan Jalan Astanaanyar, dekat Lapangan Tegallega. Sepatu merk terkenal seperti Adidas, Nike, All Star Converse, dan lain-lain digelar di trotoar di jalan tersebut.

Jenisnya bermacam ada sneaker, pantofel, boots, dan sepatu khusus olahraga. Tak hanya sepatu di sini pun dijual sandal-sandal bermerk. Ada sandal untuk santai dan sandal gunung.

Pedagang kaki lima (pkl) sepatu tersebut mulai menggelar dagangannya sejak pukul 17.00. Mereka buka hingga larut malam. Mereka mendirikan tempat tidak permanen beratapkan terpal. Sepatu yang mereka jajakan bergeletakan di trotoar beralaskan plastik atau terpal. Malam itu masing-masing tenda memiliki penerangan lampu yang kabelnya dililitkan di sela-sela bambu atau besi penyanggah bagian atas tenda.

penjual sepatu
Penjual sepatu Tegallega di Jalan Oto Iskandardinata, Bandung. | Foto serbabandung.com

Harga sepatu yang ditawarkan mereka relatif terngkau. Sepasang sepatu berbagi merek dibanderol dikisaran Rp 100.000-150.000. Sepatu bermerek All Star berwarna hitam misalnya harganya Rp 135.000. Harga tersebut masih bisa ditawar hingga bisa menjadi Rp 100.000. Begitu juga dengan merek-merek lainnya.

“Silakan Pak. Yang All Stars itu harganya Rp 135.000. Harga hujan. Silakan bisa ditawar,” kata penjual sambil membereskan tumpukan sepatu di dekatnya, Selasa (2/5/2017).

Malam itu Bandung sedang gerimis, sehingg pedagang menyebut harga yang ditawarkan harga hujan. Pedagang lainnya ada yang menyebut harga yang mereka tawarkan adalah harga malam. Mereka melakukan apapun untuk menarik perhatian orang yang lewat di tenda-tenda.

“Harganya segitu Pak. Tapi silakan aja tawar. Ini harga malam Pak,” kata penjual sepatu lainnya kepada dua orang pembeli yang memilih-milih sepatu kulit bermerk. Tawar menawar sempat alot, meski akhirnya pembeli berhasil menawar harga sepatu yabg Rp 130.000 menjadi Rp 100.000.

Upaya Penjual Sepatu Menarik Pembeli

Sepatu bermerek yang mereka jajakan harganya bisa murah karena tiruan. Bentuknya memang seperti asli. Penjualnya pun mengakui kalau yang sepatu mereka jual merupakan tiruan. “Kalau yang aslinya mah bisa mencapai Rp 600.000,” katanya sambil menunujukkan sepatu bermerek All Stars.

Kawasan Astanaanyar adalah tempat penjual barang bekas di Kota Bandung. Sejak siang penjual berbagai barang berjuan di sana. Keberadaan mereka sudah lama sekali. Termasuk penjual sepatu ini. Untuk penjual sepatu, orang Bandung sering menyebutnya pasar lilin. Disebut pasar lilin karena penerangan yang mereka gunakan hanya sebatang lilin, bukan listrik PLN.

Pada 2013 hingga 2015-an sepatu yang mereka juga merupakan sepatu bekas. Kadang kalau lagi beruntung, pembeli bisa mendapatkan sepatu bermerek orisinil bekas yang harganya murah. Berbeda dengan sekarang yang penjualnya menjajakan sepatu baru bermerek tiruan. Bagaimana, siap untuk berbelanja? *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.