Palestine Walk, Monumen Persahabatan Indonesia-Palestina di Bandung

MINGGU (14/10/2018), banyak warga yang berfoto di taman “Palestine Walk: Road to Freedom”. Taman yang diresmikan Sabtu (13/10/2018), itu menarik perhatian warga. Mereka berfoto di patung huruf warna-warni yang bebentuk tulisan BDG Palestine yang di tengahnya terdapat patung jantung hati berwarna merah.

Palestine walk tersebut berada di Jalan Alun-alun Timur. Tamannya berada di trotoar sepanjang 100 meter yang membelah jalan tersebut. Di ujung taman di persimpangan dengan Jalan Asia Afrika terdapat patung Asia Afrika yang terlebih dahulu berdiri. Kursi-kursi dan tanaman menambah semarak taman tersebut.

Palestine walk merupakan monumen persahabatan dua negara Indonesia dan Palestina. Peresmian taman ini termasuk dalam rangkaian Indonesian Solidarity Week for Palestine yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI, pada 13-17 Oktober 2018. Acara tersebut menjadi wujud ungkapan solidaritas Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Peresmian Palestine walk dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki, bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. Mereka melakukan gunting pita di “gerbang” jalan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Malki mengajak kepada warga Bandung dan rakyat Indonesia untuk senantiasa mendukung dan mengingat perjuangan rakyat Palestina. “Saya sampaikan salam dari saudara-saudara Anda di Palestina, yang setiap hari, setiap jam, setiap detik terus berjuang untuk kebebasan dan kemerdekaan,” tuturnya dikutip dari humas.bandung.go.id, Sabtu (13/10/2018).

Palestine Walk Simbol Dukungan

palestine walk
Monumen Palestine Walk di Jalan Alun-alun Timur, Bandung. | Foto serbabandung.com

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengapresiasi dan berterima kasih Kota Bandung dipilih dalam rangkaian acara bersejarah ini. Ia berharap, acara ini dapat mempererat persaudaraan Indonesia dan Palestina, terlebih lagi Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Ini merupakan simbol dukungan Indonesia terhadap Palestina. Landscape memorial ini juga merupakan monumen persahabatan kedua negara. Saya berjanji, selaku Wali Kota Bandung, akan menjaga dan merawat jalan ini sebagai simbol persahabatan dua negara. Semoga acara ini menghadirkan spirit agar rakyat Palestina cepat mendapat kemerdekaan. Dengan memohon rahmat Allah SWT, kita berharap Palestina akan segera merdeka,” katanya.

Menlu Retno mengatakan Kota Bandung menyimpan sejarah besar bagi hubungan persahabatan Indonesia dan Palestina. Oleh karena itu, “Palestine Walk” ini menjadi simbol persatuan dan dukungan penuh warga Kota Bandung dan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

“Palestine Walk menggambarkan dukungan dan komitmen masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bandung terhadap perjuangan rakyat Palestina dan sebagai pengingat agar semangat perjuangan tersebut tetap beresonasi di hati kita,” jelas Retno.

Bahan tulisan:  humas.bandung.go.id

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.