Nasi Goreng Padang yang Enak di Bandung, di Mana?

PEDAGANG nasi goreng Padang di Bandung tidak terlalu banyak, tidak seperti sate padang yang tempatnya ada yang telah familiar bagi orang Bandung. Satu di antara sedikit penjual nasi goreng (nasgor)  Padang ada di Simpang Dago namanya Surya Bundo.

Selain menjual nasgor padang di sini juga menjual soto padang. Yang menarik di sini terdapat foto pemilik dengan presenter acara kuliner Bondan Winarno. Warungnya berada di pinggir Jalan Ir. H. Juanda depan pertigaan Jalan Tubagus Ismail dan depan Gedung Pusat Penelitian Air.

Pedagang nasgor padang lainnya ada di Jalan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Rodanya tak jauh dari pertigaan ke Baleendah dan ke Dayeuhkolot, dan depan sebuah masjid. Ada dua roda di sana. Selain nasi goreng  di sini juga menjual soto dan sate padang.

Nasi goreng Padang di Jalan Bojongsoang, Bandung. | Foto serbabandung .com #serbabandung
Nasi goreng Padang di Jalan Bojongsoang, Bandung. | Foto serbabandung .com #serbabandung

Rasa nasgor padangnya memang tidak terlalu istimewa. Tapi lumayan kalau untuk sekadar mengingat kampung halaman, dan untuk memenuhi rasa lapar. Satu porsi nasi goreng di sini Rp 12.000. Disajikan di piring besar dengan porsi yang cukup banyak. Untuk menambah nikmat santapan ini di meja disediakan kerupuk kulit dan singkong balado.

Nasgor Padang memiliki perbedaan dengan nasi goreng pada umumnya. Perbedaannya adalah suiran daging ayam yang disimpan di atas nasi yang sudah siap hidang. Kerupuknya juga berbeda, kerupuk untuk nasi goreng ini adalah kerupuk berwarna merah terbuat dari tepung kanji. Rasa kerupuk itu gurih dan renyah.

Telur Ceplok di Nasi Goreng Padang di Bandung

Nasi goreng ini dalam penyajiannya selalu ditambahkan telur ceplok. Telurnya tidak dicampur dengan nasi goreng saat pembuatan. Pembuat nasi goreng biasanya tanpa diminta langsung menceplok telur itu. Berbeda dengan pedagang nasi goreng pada umumnya biasanya akan bertanya kepada pembelinya telur itu didadar, diceplok atau dicampur dengan nasinya.

Seperti nasi goreng lainnya, nasi goreng padang juga dilengkapi sayuran seperti irisan mentimun, kol dan tomat. Nasi goreng ini terlihat lebih kering dari nasi goreng pada umumnya yang lebih berminyak. Nasi goreng padang juga ditaburi irisan daun seledri sebagai pengharum.

Untuk membuat nasi goreng selain nasi sebagi bahan utama dibutuhkan bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, pala, garam, dan merica. Bumbu tersebut dihaluskan dengan blender atau diulek di cobek hingga halus. Campurkan dengan nasi. Nasinya sebaiknya jangan yang lengket. Kemudian goreng. Setelah selesai menggoreng nasi, terakhir goreng telur, terserah mau didadar atau diceplok. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

3 thoughts on “Nasi Goreng Padang yang Enak di Bandung, di Mana?

  • 16/02/2017 at 10:56 AM
    Permalink

    Penjual nasi goreng suryo bundo katanya digusur sejak PON di Bandung. Ada yg tau pindah kemana?

    Reply
    • 16/02/2017 at 3:12 PM
      Permalink

      Ada yang tahu dipindah ke mana?

      Reply
  • 30/04/2017 at 6:03 PM
    Permalink

    Pindah ke dekat hotel sheraton, dago atas. Dari arah bawah ada di sebelah kanan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.