Martabak Bangka yang Lezat dan Legit di Kota Bandung

SIAPA yang tidak kenal martabak Bangka? Peganan ini sangat mudah dicari, dan harganya juga terjangkau. Soal rasa, tentu saja tidak kalah dengan martabak jenis lainnya. Martabak ini semakin menyebar ke mana-mana, sama halnya dengan di Kota Bandung.

Penjual martabak ini biasanya berada di pinggir-pinggir jalan. Bukanya mulai dari sore hingga malam hari. Jarang sekali ada kedai martabak Bangka yang buka pada pagi hari atau siang hari. Jadi jika ada yang ngebet pengen mencicipi peganan ini harus menunggu dulu hingga siang hari.

Pedagang Martabak Bangka. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Pedagang Martabak Bangka. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Bentuk martabak ini tidak berbeda dengan martabak lainnya. Bentuknya bulat, kemudian dipotong-potong kecil ke dalam kotak terbuat dari kardus. Variannya juga nyaris sama, ada rasa keju, pisang, meses, kacang, atau rasa lainnya.

Soal rasanya tentu saja bisa bersaing. Biasanya martabak Bangka rasa martabaknya tidak terlalu manis. Campurannya membuat penikmat martabak ngiler melihat peganan ini. Lagi pula harganya relatif terjangkau berada di kisaran Rp 18.000-25.000.

Martabak ini juga ada yang rasa asinnya. Ada yang rasa daging sapi, telur, atau ayam. Uniknya setiap membeli martabak Bangka rasa asin, pembali mendapat tambahan kuah pempek yang dimaksukan ke dalam kotak.

Ternyata penambahan kuah pempek ini sejarahnya terkait erat dengan perkembangan martabak San Francisco. Martabak San Francisco adalah martabak yang sudah ada di Bandung. Saat itu pemilik martabak San Francisco, Bong Kap Djun alias Adjun yang juga menjual pempek memasukan sisa kuah pempek ke dalam kotak martabak asin karena takut basi.

Adjun adalah pendiri martabak San Francisco. Dia adalah orang Bangka yang merantau ke Kota Bandung. Bisnis martabaknya terus maju hingga sekarang. Adjun kemudian membawa keluarganya dari tanah leluhurnya ke Bandung untuk berjualan martabak, mulai dari sanalah, muncul nama martabak Bangka di Kota Bandung.

Klaim tersebut ada dalam tulisan sejarah Martabak San Francisco di laman martabaksanfrancisco.com di halaman tentang kami. Tulisan tersebut menceritakan bagaimana Adjun berhasil membangun bisnisnya hingga akhirnya berhasil. Martabak San Francisco adalah satu di antara martabak yang paling dicari di Bandung. *

Menu Martabak Bangka

  • Keju
  • Martabak meses
  • Pisang
  • Martabak telur daging sapi
  • Telur daging ayam
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.