Kimia Farma di Sudut Jalan Braga-Asia Afrika

GEDUNG di sudut pertigaan Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga, samping Gedung Merdeka yang kini digunakan untuk apotek Kimia Farma, ada bagian ruangan yang terlihat kosong pada Kamis (2/4) siang. Beberapa pegawai tampak membenahi gedung itu. Ada yang mengecat dinding bagian luar gedung itu. Ada juga yang membereskan trotoar, dan yang memasang semacam tegel di trotoar tersebut.

Gedung yang bercat putih dengan variasi jendela kusennya berwarna kuning ini bersiap untuk menyambut peringatan HUT ke-60 Asia Afrika. Di kawasan ini gedung-gedung  tengah bersolek. Mulai dari Simpang Lima hingga pertigaan Jalan Asia Afrika-Jalan Banceuy.

Apotek ini yang  merupakan cagar budaya yan dibangun pada 1902. Namun hingga kini belum diketahui siapa arsiteknya.

Perusahaan farmasi sang pemilik apotek adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia. Awalnya bernama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Perusahaan ini didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada 1817.

Gedung Apotek Kima Farma di Jalan Braga - Jalan Asia Afrika Bandung | Foto serbabandung.com
Gedung Apotek Kima Farma di Jalan Braga – Jalan Asia Afrika Bandung | Foto serbabandung.com

Dalam  blog sepanjangjk.wordpress.com disebutkan pendirian  NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. tidak terlepas dari usaha Frans Wilhem Junghuhn yang mulai memperkenalkan kulit kina saat itu.

Dokter dan peneliti berkebangsaan Jerman yang bertugas di Hindia Belanda ini mengembangkan kulit kina yang ampuh untuk mencegah penyakit  malaria di Pulau Jawa.

Pada  1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma.

Kimia Farma Jadi PT Pada 16 Agustus 1971

Pada 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Pada  4 Juli 2001, perusahaan ini mengubah statusnya menjadi perusahaan publik, PT Kimia Farma (Persero) Tbk.

Perusahaan ini  memiliki anak perusahaan yang salah satunya adalah PT. Kimia Farma Apotek. PT ini  adalah perusahaan yang mengelola apotek-apotek milik perusahaan. Apotek-apotek tersebut untuk meningkatkan dan  memperbesar penjualan konsolidasi PT. Kimia Farma Tbk. *

Sumber: https://sepanjangjk.wordpress.com/2012/01/16/kina-priangan-dan-bangunan-tua-kimia-farma-di-bandung/

http://www.kimiafarma.co.id/detail_full.php?a=13

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.