Kampung Wisata Pelukis Jelekong Tawarkan Lukisan-lukisan Bermutu

KAMPUNG wisata Jelekong adalah pesona lain yang  di Kabupaten Bandung. Jelekong merupakan sebuah kampung yang berada di Jalan Giriharja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Ketika memasuki kawasan tersebut, akan terlihat lukisan-lukisan yang dipajang di galeri di sepanjang jalan.  Berbagai aliran dan jenis lukisan bisa dinikmati di sini. Lukisan-lukisan tersebut merupakan jualan para pelukis warga di Kampung Wisata Jelekong.

Menurut catatan di beberapa laman, warga Jelekong mulai mengebal seni lukis sejak 1969. Namun mulai terkenal menjadi kampung pelukis awal 1980an setelah mulai banyak yang memesan lukisan dan sudah tak bisa terlayani lagi.

“Iya. Kalau mulai terkenal sudah lama sekali. Saya juga dapat keahlian melukis dari ayah saya. Terus turun dari generasi ke generasi,” kata Suryadi (24) di studionya yang bernama SuryadiArt di Kampung Jelekong, Jumat (15/4/2016).

Suryadi adalah salah satu pelukis yang masih bertahan saat pamor Jelekong tidak seperti pada 1980-1990-an yang tersohor sebagai kampung seni. Suryadi bahkan yakin Kampung Wisata Jelekong tidak berubah  tetap seperti dulu. Dia berpendapat kampung ini masih tetap menjadi primadona para penyuka seni lukis di Indonesia bahkan di luar negeri.

Kampung Wisata Pelukis Jelekong Pasok Penjual di Jalan Braga

“Kami masih tetap memasarkan lukisan produksi ke luar daerah  seperti ke Medan dan Bali. Kami juga masih menjadi pamasok lukisan-lukisan yang djual di Jalan Braga. Lukisan di sana 50 persennya merupakan lukisan Jelekong,” kata Suryadi yang mengaku mampu menyelesaikan satu lukisan dalam waktu tiga jam.

Suryadi membandrol lukisannya kisaran Rp 150.000-200.000. Menurutnya harga tersebut tergantung besar, jenis, dan lamanya pembuatan lukisan. Suryadi mengaku juga membuat lukisan untuk galeri. “Kalau untuk menengah ke atas (galeri) tentu harganya akan lebih mahal lagi,” katanya sambil membuat kanvas untuk media lukisan.

Kampung Jelekong hanya berjarak 12 Km dari Kota Bandung  terdiri dari empat RW dengan jumlah penduduk kurang lebih 4.800 jiwa ini tak jauh dari Jalan Laswi yang mengarah ke Ciparay. Untuk ke san bisa ditempuh melalui Jalan Buahbatu terus ke Bojongsoang dan belok ke kanan ketika menemui simpang Jalan Siliwangi di Baleendah. Alternatif lainnya bisa lewat Jalan Mohamad Toha menuju Dayeuhkolot, Baleendah, kemudian ke Jalan Laswi. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.