Bakso Cihampelas Ramai Jelang Idulfitri

DALAM Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan (Daring), bakso adalah makanan yang terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur. Biasanya makanan ini dibentuk bulat-bulat. Di Bandung penjual bakso yang terkenal salah satunya adalah Bakso Cihampelas.

Dalam wikipedia disebutkan istilah bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Di Indonesia yang penduduknya mayoritas  muslim, bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Bakso yang beredar di Indonesia banyak ragamnya, seperti bakso urat yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar. Kemudian ada bakso yang berisi telur ayam rebus, orang menyebutnya bakso ini bakso bola tenis.

Bakso Cihampelas di Jalan Suryani Dalam 48 Bandung | Foto serbabandung.com
Bakso Cihampelas di Jalan Suryani Dalam 48 Bandung | Foto serbabandung.com

Bakso sekarang tidak semua berbentuk bulat tapi ada yang gepeng. Di Kota Bandung kini sedang tren orang menjual bakso jenis ini. Bakso gepeng ini ada waralabanya. Bakso ini berbentuk pipih, dan biasanya terbuat dari daging sapi.

Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso Malang dan Solo disajikan dengan kuah melimpah.

Bakso Cihampelas lokasinya bukan di Jalan Cihampelas tapi di Jalan Suryani Dalam 48. Teleponnya +62 22 6001234. Di sini dijual berbagai jenis bakso, mulai yang kecil hingga yang besar. Selain yang berbentuk bulat di sini juga dijual bakso berbentuk gepeng.

Bakso Cihampelas Menjual Bakso Isi

Bakso Cihampelas juga menjual bakso yang isinya beraneka ragam. Di sini ada bakso yang isinya  daging, telur, keju, urat dan sebagainya. Selain bakso tersedia juga daging sapi segar, pangsit, batagor kering, sambal, dan lain-lain.

Bakso Cihampelas biasa dipadati pengunjung menjelang Hari Raya Idulfitri. Berbelanja di sini seperti di bank. Pembeli disediakan nomor antrean sebelum membayar sesuai belanjaan di kasir.

Meski jalannya kecil,  di depan toko terdapat lahan parkir yang cukup luas. Di sini juga terdapat gerai bakso Cihampelas yang sudah siap santap. Gerainya tepat di sebelah toko bakso. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

4 thoughts on “Bakso Cihampelas Ramai Jelang Idulfitri

  • 19/12/2015 at 5:12 AM
    Permalink

    Dear baso cohampelas,
    Saya bisa minta dikirimkan surat penawaran dan price list baso cihampelas?
    Saya tunggu balasan email dari bapak/ibu.
    Terikasih atas perhatiannya.

    Reply
    • 20/12/2015 at 2:33 AM
      Permalink

      Terima kasih atas kunjungannya ke web kami.

      Reply
  • 11/06/2016 at 8:40 AM
    Permalink

    Dear Bakso Cihampelas,

    Mohon dpt dikirimkan price list bakso dan Mie. Saya berencana buka usaha bakso dengan pakai bakso cihampelas. Trim’s – Toni (0812.2473.7691) pin BB 5F84DFD1

    Reply
    • 12/06/2016 at 2:51 PM
      Permalink

      Duh, maaf Kang…serbabandung.com hanya menginformasikan saja. Jika membutuhkan price list alamat bakso dan Mie Cihampelas di Jalan Suryani Dalam 48. Teleponnya +62 22 6001234. Terima kasih Kang Toni telah mengunjungi web serbabandung.com. Semoga puas.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.