Awug Metro yang Rasanya Legit

AWUG adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Makanan ini merupakan peganan yang biasanya disediakan untuk acara-acara khusus seperti khitanan. Namun sekarang sudah banyak pedagang yang menjajakannya. Salah satunya adalah Awug Metro. Awug ini berada di Jalan Karawitan, persis di pertigaan Jalan Kliningan dan Karawitan. Berada di samping halaman Indomaret. Tempatnya rada tersembunyi tapi kalau teliti roda penjual awug ini bisa terlihat dari jalan.

Tadinya sempat bertanya-tanya mengapa awung di sana bernama Awug Metro. Pertanyaan itu baru jelas setelah melihat dalam kotak awug dan kueh basah Awug Metro tertera alamat jelas awug yang berada di Jalan Karawitan tersebut.

Awug Metro. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Awug Metro. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Awug ini merupakan cabang dari Awug Metro yang berada di Jalan Venus Barat Perum Metro (Bunderan) Soekarno Hatta. Awug ini sudah terkenal ke mana-mana, dan sudah sering di-review para pemilik blog kuliner.

Awug yang biasa dijual satu congcot (kerucut), di Awug Metro dijual dalam satu kotak yang harganya kisaran Rp 5.000. Dalam satu kotak tersebut bisa berisi 10 potong awug yang diberi tambahan taburan kelapa parut.

Di sana juga bisa membeli kue basah khas Sunda yang banyak ragamnya. Dalam satu kotak bisa saja berisi kombinasi makanan-makanan tersebut, seperti kelepon, putu mayang, ali agrem, ketan yang ditaburi serundeng, bibika, ongol-ongol dan lain-lain.

Pembeli juga bisa mengombinasikan makanan dalam satu kotak tersebut awug dan beberapa kue basah yang tersedia di sana.

Penjual Awuh di Kota Bandung tak hanya ada di Jalan Venus Barat Perum Metro, tetapi ada juga di kawasan Cibeunying. Orang Bandung menyebutnya awug Cibeunying. Awug ini sudah ada sejak 1976. Ukuran awug besar, dan kedainya berada di Jalan Ahmad Yani, depan Kampus ITT. *

Awug Metro

Jalan Karawitan (peritigaan Jalan Karawitan-Kliningan)

Jalan Venus Barat Perum Metro (Bunderan) Soekarno Hatta

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.