Wisata Air Terjun yang Masih Belum Banyak Terjamah

BANDUNG memiliki air terjun (curug) yang memesona. Sebut saja Curug Maribaya, Curug Dago, atau Curug Cinulang yang sudah lama dikenal orang. Selain curug-curug tersebut masih ada air terjun lain yang masih jarang dikunjungi orang yang  pesonanya tidak kalah. Kota kembang yang dikelilingi gunung memang sangat memungkinkan terdapat banyak wisata air terjun.

Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan  Ronga, Kabupaten Bandung Barat, adalah wisata air terjun yang masih jarang dikunjungi. Untuk mencapai curug ini memerlukan  waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam  ke Perkebunan Montaya, di ketinggian 1000 mdpl.

Curug ini memiliki lebar 70 meter dengan ketinggian 60 meter. Tebing bebatuan tempat mengalirnya curug terbentuk akibat letusan Gunung Api Purba berkisar 5 hingga 10 juta tahun yang lalu. Di tebing kanan curug tersebut terdapat makam tokoh setempat  Prabu Taji Malela. Nama curug ini pun merupakan penghormatan bagi tokoh tersebut.

Wisata air terjun yang relatif belum terlalu terjamah adalah Curug Cipanji. Curug ini berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Air terjun ini adalah  bagian dari tujuh air terjun yang ada di Gunung Cipanji.

Curug Cipanji merupakan air terjun  bertingkat dengan ketinggian paling atas sekitar 25 meter. Di tingkat terdasar ada curug yang tingginya 6 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Wisata Air Terjun di Bandung Utara

Di kawasan Bandung Utara, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, di kaki Gunung Tangkuban Perahu terdapat wisata air terjun lainnya. Namanya Curug Putri Layung atau Curug Layung. Curug ini mempesona karena berada di antara dua buah tebing dan rimbunan pohon pinus. Tak jauh dari curug terdapat hamparan perkebunan teh Sukawarna.

Curug Layung sempat ditutup, tetapi pada 2012 kawasan ini dibuka untuk umum. Curug Layung tidak terlalu tinggi,  namun kolam alami yang cukup luas dan airnya yang bening menjadi daya tarik pengunjung.  Lokasinya berada di bagian hulu aliran Sungai Cimahi, Curug Layung berada di atas curug-curug lainnya seperti  Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Panganten, dan Curug Lalay.

Wisata Air Terjun di Bandung Selatan

Beralih ke Kampung Cilayung, Desa/Kelurahan Jelekong,  Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Di sini ada wisata air terjun Curug Cangkring. Curug ini berada pada ketinggian ± 800-900 mdpl. Kondisinya masih terlindungi oleh rimbunnya pohon aren, bambu dan beberapa jenis pohon semak. Letaknya yang cukup jauh dari keramaian membuat masih terlihat alami. *

Foto: http://www.tempatwisatadijawabarat.com/2014/12/curug-malela-wisata-air-terjun-di.html?m=1

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.