Universitas Pendidikan Indonesia Berawal dari Puing-puing Vila Isola

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mulai dibangun dari puing-puing sebuah vila peninggalan Belanda yang bernama Vila Isola. Villa ini dibangun pada 1933. Gedung ini pernah ditembaki dan dibombardir pasukan India Inggris pada 16 Februari 1946. Serangan itu untuk membebaskan para tawanan Belanda dan Inggris. Mulai dari sana pula para calon guru di Universitas Pendidikan Indonesia ditempa.

Vila Isola yang berada di Jalan Setiabudi ini, sekarang, menjadi Kantor Rektorat UPI. Universitas Pendidikan Indonesia berdiri pada 20 Oktober1954. Menteri Pendidikan Pengajaran saat itu Mr. Muhammad Yamin yang meresmikan kampus tersebut.

universitas  pendidikan indonesia Vila Isola
Gedung Isola di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia,  Jalan Setiabudi,  Bandung | Foto serbabandung.com #serbabandung

Awalnya UPI bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Pendirian PTPG berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 tentang pendirian PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).

Latar belakang berdirinya UPI adalah untuk menjawab kebutuhan guru bermutu dan bertaraf universitas. Beberapa saat setelah merdeka Indonesia sangat membutuhkan tenaga pendidik. Saat itu juga bangsa ini sangat haus pendidikan setelah beberapa lama dijajah.

Universitas Pendidikan Indonesia pernah menjadi bagian Universitas Pajajaran. PTPG berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 40718/S PTPG bisa menjadi perguruan tinggi atau perguruan tinggi dalam universitas, maka pada 25 November 1958 menjadi fakultas utama Universitas Pajajaran yang bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pada 1 Mei 1963 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963, FKIP yang melebur dengan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). IKIP Bandung berubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.

UPI berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2004, mendapat otonomi dan menjadi perguruan tinggi badan hukum milik negara (BHMN).

Setelah mengalami perubahan beberapa kali status Universitas Pendidikan Indonesia menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2012.

UPI, kini, memiliki program pendidikan (fakultas)  Ilmu Pendidikan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Bahasa dan Sastra,  Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,  Pendidikan Olahraga dan Kesehatan,  Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, dan Pendidikan Seni dan Desain. Universitas Pendidikan Indonesia juga memiliki Sekolah Pasca Sarjana. *

Universitas Pendidikan Indonesia

Jalan Dr. Setiabudhi 229
40154 Bandung

Fakultas di UPI

  • Ilmu Pendidikan
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Bahasa dan Sastra
  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Teknologi dan Kejuruan
  • Olahraga dan Kesehatan
  • Ekonomi dan Bisnis
  • Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia juga
  • Sekolah Pasca-Sarjana
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.