BANDUNG menyediakan segala kebutuhan bagi warganya. Termasuk warga yang senang ganti-ganti pelek mobil. Toko velg (pelek) bisa ditemukan di beberapa tempat. Ada yang menawarkan yang baru, bekas, dan orisinal.

Kawasan yang banyak toko velgnya adalah kawasan viaduk. Berbagai merek velg yang dijual di sana. Tidak hanya buatan pabrikan mobil, seperti Honda dan Toyota, tetapi ada juga merek Enkei, Mugen dan TRD.

Penjual aksesori mobil itu sudah ada sejak tahu 1970-an. Bahkan dulu sebelum ada ruko di kawasan tersebut, para pedagangnya menempati lahan yang disebut Pasar Suniaraja. “Setelah ada ruko di sana mereka pindah. Tapi masih di sekitar Suniaraja,” kata Ajat (65) di kiosnya beberapa waktu yang lalu.

Ajat menuturkan, di sepanjang Jalan Suniaraja memang terkenal dengan sentra pelek dan ban. “Banyak yang mencari ke sini. Macam-macam, ada yang beli pelek ada juga yang beli ban,” kata Ajat yang mengaku sejak kecil sudah tinggal di kawasan ini.

Di kawasan Terusan Buahbatu, hanya beberapa meter sebelum perempatan Gerbang Tol. Terdapat toko velg. Toko velg ini menjual berbagai merek. Gerainya tidak berkelompok tapi berbaur dengan toko-toko lain dan penjual kuliner. Berbagai promosi ditawarkan mereka untuk menjaring pembeli, satu di antaranya dengan menawarkan kredit melalui Home Credit.

toko velg
Penjual pelek di Jalan Banceuy Bandung. | Foto serbabandung.com

Toko Velg di Jatayu

Pelek juga dijajakan penjual barang bekas di Pasar Jatayu. Berbagai merek dijual di sini. Jatayu adalah pasar spare part atau barang bekas lainnya yang komplet di Bandung. Lokasi Pasar Jatayu di Jalan Komodor Supadio, Kelurahan Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo. Tidak jauh dari Jalan Pajajaran, dan Jalan Arjuna.

Untuk ke sana, pemburu barang bekas bisa masuk dari Jalan Aruna atau Jalan Arjuna kalau dari Jalan Pajajaran. Adapun yang dari Jalan Rawajali Timur, sebelum Pasar Andir, belok kiri ke Jalan Arjuna. Ikuti jalan itu hingga menemukan bundaran simpang empat, tempat pasar itu berada.

Mulai sepanjang Jalan Arjuna pedagang barang bekas, terutama spare part sudah mulai terlihat. Di kios-kios yang berjejer di tepi Jalan Arjuna, terlihat bergelantungan sepatbor, knalpot, shockbreaker motor dan lain-lain.

Penjual pelek pun biasanya ada di Jalan Banceuy. Basanya penjualnya mendirikan gerai di depan toko atau bengkel mobil. Mereka menjajakannya seperti penjual kaki lima lainnya.

Untuk pelek sepeda motor, bisa diperoleh di Jalan Katapang di kawasan Kosambi. Di sini juga melayani servis pelek. Di laman resmi Pemprov Jabar, jabarprov.go.id, bengkel pelek motor di Katapang mulai ada pada 1987. Dalam tulisan berjudul “Bengkel Velg Katapang” yang diterbitkan pada 11 Oktober 2013, disebutkan ada 10 bengkel yang membuka usaha tersebut.

Servis pelek di sini menerima jenis apa saja. Bisa pelek Spoke atau Casting Wheel. Spoke adalah pelek sepeda motor berbentuk ruji banyak dan memiliki penampang kecil. Sedangkan casting wheel (CW) adalah roda sepeda motor yang menggunakan pelek dengan ruji lebih sedikit dan berpenampang besar.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.