SIM Keliling Siap Melayani Warga Perpanjang SIM

PENGENDARA mobil atau sepeda motor mutlak harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Warga Kota Bandung yang akan membuat SIM harus datang ke Mapolrestabes Bandung di Jalan Jawa. SIM tersebut tidak berlaku seumur hidup, tetapi warga harus memperbaharuinya lima tahun sekali. Nah untuk memperpanjang SIM ini warga tidak harus datang ke Jalan Jawa karena Polrestabes Bandung telah menyediakan bus SIM keliling.

Bus SIM keliling ini untuk memudahkan warga untuk memperpanjang SIM. Bus yang mobile setiap hari ini, memiliki jadwal berubah-ubah. Bus ini bisa mangkal di depan mal, di halaman kantor, atau di dekat tempat keramaian.

Pelayanan SIM Keliling di Kota Bandung. |Foto jabar.tribunnews.com #serbabandung
Pelayanan SIM Keliling di Kota Bandung. | Foto jabar.tribunnews.com #serbabandung

Jadwal bus SIM keliling biasanya mudah dicari di beberapa laman seperti di jabar.tribunnews.com, galamedianews.com, atau di infobdg.com. Bagi warga yang membutuhkan informasi SIM keliling bisa juga menghubungi bagian informasi di 022-61755575.

Pelayanan buat masyarakat ini biasanya dimulai dari pukul 9.00 WIB hingga selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Khusus untuk Minggu, bus SIM keliling beroperasi pada pukul 6.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Memperpanjang di bus SIM keliling ini sangat mudah. Antreannya juga tidak terlalu panjang. Warga tinggal membawa fotocopy-an kartu tanda penduduk (KTP) sambil membawa aslinya, dan SIM asli yang akan diperpanjang.

Kemudian tinggal antre membeli formulir yang harus diisi. Setelah itu diserahkan pada petugas. Jadi jangan lupa membawa alat-alat tulis, meski biasanya di sekitar bus terdapat penjual alat-alat tulis. Untungnya memperpanjang SIM di sini tidak melalui perantara tapi langsung pada petugas bus SIM keliling.

Setelah menunggu, petugas akan memanggil sesuai nama yang tercantum di formulir. Orang yang dipanggil harus masuk ke dalam bus untuk proses pemotretan, cap jempol, dan penandatanganan kartu. Prosesnya tidak lama. Setelah proses tersebut SIM pun jadi.

Harga perpanjangan SIM adalah untuk SIM A Rp 150.000, sedangkan untuk SIM C Rp 140.000.*

Jadwal SIM Keliling 25-28/6/2015

Kamis, 25 Juni 2015 | 09.00 s/d 15.00 WIB
YOGYA Toserba Jl.Gatsu No.289

Jum’at, 26 Juni 2015 | 09.00 s/d 15.00 WIB
BTM Cicadas Jl.Ibrahim Adjie

Sabtu, 27 Juni 2015 | 09.00 s/d 16.00 WIB
Alfamart 3 Jl.Pajajaran No.47

Minggu, 28 Juni 2015 | 06.00 s/d 10.00 WIB
Car Free Day Dago

*Jadwal di atas setiap pekan  akan mengalami perubahan.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.