Tempat Wisata Bandung Timur yang Menawarkan Pesona Alam

Tempat wisata Bandung Timur banyak yang menawarkan pesona alam. Pemadangan indah dan kesejukan di dataran tinggi menjadi komoditas wisata yang paling laku. Keadaan alam yang terus dijaga menjadi pilihan tersendiri bagi para pelancong yang bewisata di kota ini.

Wisata Batu Kuda yang berada di lereng Gunung Manglayang misalnya. Tempat wisata Bandung Timur ini menawarkan kawasan hutan pinus di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Luasnya mencapai 20 Hektare. Tiket masuk ke lokasi Wisata Batu Kuda Rp 5.000 belum termasuk parkir. Di sini wisatawan bisa menikmati udara pegunungan, berkemping, dan hiking.

Curug Cinulang atau Curug Sindulang tempat wisata Bandung Timur yang berada di perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Tepatnya di Desa Sindangwangi, Kecamatan Cicalengka. Curug ini memiliki dua buah jalur air terjun saling berdampingan yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Pemandangan di kawasan Curug Cinulang pun sangat mempesona. Objek wisata buka setiap hari pukul 08.00–17.00.

Tempat wisata Bandung Timur
Pemandangan terlihat dari Puncak Bintang, Cimenyan, Kabupaten Bandung. | Foto perumperhutani-divrejanten.blogspot.co.id/2014/09/lokasi-wisata-baru-yang-bernama-puncak.html

Oray Tapa adalah tempat wisata Bandung Timur bagi yang hobi berkemah. Bumi perkemahan di kawasan Cimenyan ini memiliki luas 5 hektare. Di sekeliling area perkemahan dipenuhi pepohonan besar seperti pinus dan cemara. Keunikan Oray Tapa adalah mata air yang muncul saat musim kemarau saja. Mata air itu ditemukan pada 1997.

Cartil, Tempat Wisata Bandung Timur di Dataran Tinggi

Caringin Tilu (Cartil) adalah tempat wisata Bandung Timur yang berada di Kampung Cisayur, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Tempatnya berada di dataran tinggi Bandung dan menjadikan favorit bagi yang ingin melihat Kota Bandung dari ketinggian.

Tak jauh dari Cartil melewati jalanan menanjak dan berkelok ada Puncak Bintang. Puncak Bintang ini berada di Desa/Kecamatan Cimenyan. Seperti di Cartil di sini juga bisa melihat Bandung dari ketinggian. Untuk menikmatinya wisatawan harus bayar Rp 10.000. Di sini wisatawan bida berkemping di camping ground yang telah disediakan pengelola.

Di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan ada Batu templek. Batu templek adalah hasil galian batu masyarakat setempat. Setelah digali lama, munculah air dari atas tebing. Setiap musim hujan berubah menjadi air terjun yang enak untuk dipandang. Untuk mencapai Batu Templek masuk ke Jalan Pasirimpun setelah Lapas Sukamiskin.

Kalau yang ingin menikmati kuliner sekaligus menikmati keindahan alam silakan mampir ke Warung Daweung. Warung ini berada di Bukit Moko yang ketinggiannya 1.500 mdpl. Bukit ini berada di kawasan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Udara yang jauh dari polusi, perbukitan, dan pohon pinus sangat mendukung bagi pengunjung untuk sekadar nongkorong dan mencicipi hidangan di sini. Harga paket makanan di sana berada di kisaran Rp 20.000-Rp 30.000. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.