STSI, Sekolah Tinggi Seni Indonesia yang Berubah Menjadi ISBI

Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)  di Bandung terletak di Jalan Buahbatu. Tidak sampai satu kilo dari pintu tol Buahbatu. Dulunya perguruan tinggi ini bernama Konservatori Tari (Kori) yang pembentukannya berdasarkan Surat Keputusan Walikota-madya Bandung nomor 5539/68, tanggal 31 Maret 1968.

Sejak tanggal 27 Februari 1971, Konservatori Tari berubah menjadi Akademi Seni Tari Indonesia Jurusan Sunda. Ini untuk menjawab meningkatnya animo masyarakat dan besarnya perhatian pemerintah.

Perubahan tersebut terjadi akibat  adanya kesepakatan antara Dirjen Kebudayaan Kantor Daerah Kodya Bandung, Pemerintah Kodya Bandung, Inspektorat Pendidikan Kesenian Jawa Barat, dan Direktur Akademi Seni Tari Indonesia di Yogyakarta.

Kesepakatan itu melahirkan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 016/A.I/1970 tentang Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung yang merupakan kelas jauh ASTI Yogyakarta.

Selanjutnya pemerintah melalui Keppres Nomor 59 Tahun 1995, di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mendirikan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung.

Tugas pokok STSI Bandung adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau profesional bidang seni di atas pendidikan menengah.

STSI kemudian berubah menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI). Dalam laman resminya disebutkan perubana tersebut merupakan bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan (MP3EI) untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan khususnya Seni Budaya.

Perubahan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung sesuai dengan Perpres No. 86 Tahun 2014 tanggal 25 Agustus 2014, ditandatangan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 6 Oktober 2014 pukul 14.32 WIB bertempat di Gedung Nala, Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (MAKO ARMATIM), Surabaya.

Tak hanya ISBI Bandung yang diresmikan tetapi juga Institut Seni dan Budaya Indonesia Tanah Papua dan Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh. *

Tugas Pokok STSI

Tugas pokok STSI Bandung yang kemudian berubah menjadi ISBI  adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau profesional bidang seni di atas pendidikan menengah.

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “STSI, Sekolah Tinggi Seni Indonesia yang Berubah Menjadi ISBI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.