Sky Walk Cihampelas Diperpanjang hingga Pasupati

Sky walk Cihampelas termasuk destinasi wisata populer di Bandung. Jembatan yang dibangun di atas jalan ini menjadi tempat belanja dan tempat nongkrong warga Bandung. Sky walk Cihampelas  memanjang mulai dari RS Advent hingga ke Hotel Promenade dekat Cihampelas Walk (Ciwalk). Panjangnya mencapai 450 meter.

Nah, bagi penggemar skywalk ada kabar gembira. Sky walk Cihampelas ini bakal diperpanjang menjadi 700 meter. Dari batas jembatan tersebut di dekat Ciwalk akan bertambah panjang menuju dekat jalan layang Pasupati. Pembangunannya telah dimulai dengan ditandai pemasangan tiang pancang pada Agustus 2018.

Pembangunan tahap kedua jalan layang ini menggunakan bahan seperti jembatan sebelumnya, yakni kaki atau tiang menggunakan baja. Adapun rangka lantainya menggunakan beton. Begitu pula dengan lebarnya sama dengan pembangunan tahap satu yakni lebar 9 meter dan tingginya 4,6 meter dari permukaan jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan desain jembatan tahap dua tidak akan berbeda dengan jembatab sebelumnya. Namun ada perbedaan dari fungsinya, jembatan baru nantinya hanya untuk pedestrian, pot bunga, dan lampu. Tanpa ada kios-kios pedagang. Proyek tahap II ini bakal menghabiskan dan Rp 9 miliar.

Sky walk cihampelas
Skywalk di Cihampelas.

Skywalk di Cihampelas adalah tempat wisata buatan manusia yang mendapat apresiasi dari warga. Warga antusias mendatanginya untuk berbelanja atau hanya sekadar nonkrong di kursi-kursi yang telah tersedia di sana. Di sana mereka bisa menongkrong sambil menikmati kuliner para pedagang kaki lima.

Sky Walk Cihampelas Buka Hingga 23.00 WIB

Kios-kios yang ada di jembatan itu berkuran 2×2 meter dan 3×1,5 meter ditempati ratusan PKL. Pemilik kios adalah PKL yang bisa berjualan di Cihampelas. Mereka adalah PKL kuliner hingga nonkuliner. PKL-PKL ini diberi waktu berdagang hingga pukul 22.00-23.00. Pembatasan waktu tersebut untuk menghindari penyalahgunaan.

Tahap I pembangunan skywalk memanjang mulai dari RS Advent hingga ke Hotel Promenade dekat Cihampelas Walk (Ciwalk). Skywalk Cihampelas dalam pembangunannya menggunakan metode design and build. Metode tersebut digunakan untuk memperpendek waktu pengerjaan. Anggaran pembangunan tempat ini Rp 48 miliar yang diambil dari APBD Kota Bandung.

Dibangunnya Skywalk Cihampelas ini selain untuk memberikan pilihan tempat belanja pada warga Bandung juga untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Cihampelas.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.