Servis Pelek di Katapang, Kalau Sudah Tidak Stabil Bawa ke Sini

KALAU motor sudah terasa tidak stabil,  ngagaleong kata orang Sunda, padahal ban tidak sedang gembos, apa yang dilakukan?  Jika kondisinya seperti itu sebaiknya periksa pelek. Siapa tahu peleknya sudah tidak balance lagi. Jika ya karena pelek sebaiknya diservis supaya stabil lagi. Ada beberapa tempat untuk menyervis pelek di Kota Bandung. Salah satunya di servis pelek  di Katapang. Di sini ada beberapa tempat yang memberikan jasa servis. Tinggal masuk saja dari arah Jalan Ahmad Yani.

Namun hati-hati jika dari Jalan Veteran, jangan langsung tembus ke Jalan Katapang. Pengendara harus memutar dulu ke arah Kosambi karena ada verboden yang melarang kendaraan dari sana  bisa langsung ke Jalan Katapang.

Di sepanjang jalan yang ukurannya kira-kira 2 meteran itu terlihat plang yang tulisannya menawarkan jasa servis pelek. Panjang jalan itu kira-kira hanya 100 meter saja. Tembus mulai dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Gatot Subroto.

Di laman resmi Pemprov Jabar, jabarprov.go.id,  bengkel pelek motor di  Katapang mulai ada pada 1987. Dalam tulisan berjudul “Bengkel Velg Katapang” yang diterbitkan pada  11 Oktober 2013, pemilk bengkel pelek Baraya mengatakan ada 10 bengkel yang membuka usaha tersebut.

“Waktu itu baru bengkel saya saja yang menerima perbaikan pelek  di Katapang ini. Yang lain belum ada. Tapi ya sekarang seperti  ini, jumlahnya sudah hampir 10 bengkel yang ada di jalan  Katapang saja, belum yang ada di gang Katapangnya” ujar Soleh kepada jabarprov.go.id.

Servis pelek di sini menerima jenis apa saja. Bisa pelek Spoke atau Casting Wheel. Spoke adalah pelek  sepeda motor  berbentuk  ruji banyak dan memiliki penampang kecil. Sedangkan casting wheel (CW) adalah roda sepeda motor yang menggunakan pelek dengan ruji lebih sedikit dan berpenampang besar.

“Kita bisa memperbaiki pelek racing atau pelek bintang dan pelek jari-jari. Sehari rata-rata kita dapat 25 sampai 30 motor yang  memperbaiki peleknya ke sini,”  katanya. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.