Saung Angklung Udjo, Pertunjukan Digelar Setiap Sore

SALAH satu tempat  wisata unik di Kota Bandung adalah Saung Angklung Udjo (SAU). Tempat wisata ini memang berbeda dengan wisata lainnya yang menonjolkan gaya modern. Di sini konsep tradisional menjadi jualan utama. Pengunjung diajak untuk mengenal, menjaga, bahkan belajar memainkan angklung.

Dalam  Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada 1862 di Batavia, disebutkan  angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi.

Angklung juga sudah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Saung Angklung Udjo didirikan pada  1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Pendirian saung ini untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda.

Saung Angklung Ujo di Jalan Padasuka, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Saung Angklung Udjo di Jalan Padasuka, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Udjo Ngalagena adalah seorang seniman angklung yang berasa dari Jawa Barat. Lahir pada  5 Maret 1929. Udjo Ngalagena adalah anak keenam dari pasangan Wiranta dan Imi.

Sejak 1966, Udjo mulai mengajarkan bagaimana bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai komunitas. Dia juga  yang mengembangkan teknik permainan angklung berdasarkan laras-laras pelog, salendro, dan madenda.

Udjo Ngalagena wafat pada 3 Mei 2001. Sepeninggal Udjo, putra–putrinya tetap meneruskan  Saung Angklung Udjo. Pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan kesenian tradisional tersebut masih tetap ramai.

Saung Angklung Udjo Berada di Jalan Padasuka 118

Saung Angklung Udjo berada di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur, Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya  tidak jauh dari pusat kota Bandung. Dari jalan raya Padasuka hanya 200 meter saja. Sebelum masuk ke sana ada petunjuk jalan Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka. Saung Angklung Udjo berbeda dengan bangunan lainnya karena di sana banyak bambu di depannya.

Untuk melihat seni pertunjukan sebaiknya datang pada sore hari. Dan, memang jadwal pertunjukan baru dimulai pukul  15.30 sampai dengan jam 17.30  setiap hari. Pertunjukan tidak hanya diisi permainan Angklung saja, tetapi juga diisi  tarian tradisional dan wayang golek.

Jika tertarik memiliki alat musik berbahan  bambu, Saung Angklung ini juga menjual angklung, calung, arumba, dan lain-lain. Di sana juga bisa  melihat dan belajar membuat angklung yang terbaik di Indonesia. *

SUMBER: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Angklung
http://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-saung-angklung-udjo/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.