Rute ke Gunung Puntang tak membosankan. Setelah masuk ke Jalan Gunung Puntang dari Jalan Cimaung, jalanan sudah mulai menanjak. Suasana pedesaan sangat terasa di kiri kanan jalan. Senin (24/12/2018) sore, warga tampak melakukan aktivitas seperti biasa. Sesekali persawahan mulai terlihat ketika sudah menempuh setengah perjalanan.

Mulai dari sana, rute ke Gunung Puntang, suasana pegunungannya mulai terasa. Udara segar dan angin sepoi-sepoi sangat terasa menerpa tubuh terutama bagi pengendara sepeda motor. Sore itu hujan gerimis sempat turun. Jalanan mukus beraspal pun tampak basah. Untungnya, tidak menjadikan jalanan licin. Sore itu jalanan didominasi sepeda motor warga dan wisatawan yang turun dan hendak ke Gunung Puntang.

Bagi yang doyan menyeruput kopi, di sepanjang rute ke Gunung Puntang terdapat kedai kopi yang menawarkan kenikmatan. Beberapa di antaranya ada Puntang Coffe, Kopi Puntang, Kopi Madali Puntang, Kopi Ki Sunda. Silakan pilih mau berhenti di mana. Kopi puntang adalag kopi yang telah terkenal ke mancanegara. Bahkan Presiden RI Joko Widodo menyebut kopi puntang kopi dunia, kopi juara.

Bagi yang telah mengenal sepatu boot bermerek Ciarmy di rute ke Gunung Puntang, tepatnya di Jalan Raya Gunung Puntang KM 29, Kampung Sirna Galih, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung ada pabriknya. Sepatu militer yang biasa dijual di Toko Ciarmy di Cibaduyut diproduksi di sini. Bagi muslim, di pabrik tersebut terdapat masjid untuk melaksanakan salat jika sudah memasuki waktunya.

Perjalanan bisa terus dilanjutkan. Ketika memasuki jalanan yang lebih menanjak dan berkelok pemandangannya semakin indah. Sejauh mata memandang ke sebelan kiri kalau dari arah Cimaung, pemandangan kota Bandung bisa terlihat di sini. Apalagi sore itu, setelah hujan gerimis, cuaca sangat cerah. Gedung tinggi berbalut awan tipis dengan latar belakang pegunungan benar-benar memanjakan mata.

Rute ke Gunung Puntang Janjikan Pemandangan Indah

rute ke gunung puntang
Pemandangan kota Bandung berlatar pegunungan terlihat dari Jalan Gunung Puntang. | Foto serbabandung.com

Jika sempat, sebaiknya berhenti dulu di sini sebelum melanjutkan perjalanan. Lukisan alam yang indah itu sayang untuk dilewatkan. Silakan berfoto sepuasnya di sini. Namun, tetap hati-hati, karena jalan di sini sempit, perhatikan kendaraan yang lewat saat berfoto.

Dari sana vila-vila dan guest house mulai banyak terlihat. Vila-vila tersebut ada yang disewakan dengan memasang pelang. Ada juga vila kosong tanpa pelang pemberitahuan penyewaan. Dari vila tersebut pemandangan semakin terlihat jelas.

Setelah menyaksikan pemandangan alam, pandangan arahkan ke depan, Gunung Puntang mulai terlihat. Sore itu, gunung yang memiliki ketinggian 2.222 Mdpl, puncaknya puti tertutup kabut. Puncak Mega, puncaknya Gunung Puntang merupakan destinasi para pecinta alam yang memilih gunung yang tidak terlalu tinggi.

Tinggal beberapa kelokan lagi pintu gerbang bakal terlihat. Pedagang makanan, seperi jagung, mi rebus, dan lain-lain, merupakan tanda pintu gerbang ke Gungung Puntang mulai dekat. Hanya beberapa meter dari pintu gerbang terdapat tempat wisata lainnya yang bernama Taman Bugenville. Silakan pilih mau melanjutkan ke Gunung Puntang atau berbelok kanan ke Taman Bugenville.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.