Masakan Vietnam di Bandung

DI Kota Bandung tak hanya ada restoran Cina, Jepang, Korea, atau Thailand, tapi juga terdapat restoran Vietnam. Seperti restoran lainnya yang memiliki ciri khas masing-masing, di restoran masakan Vietnam juga terdapat makanan khas, satu di antaranya adalah  Pho.

Apa itu Pho? Pho adalah mi kuah sapi khas yang  ditambah aneka topping. Makanan ini berasal dari Hanoi. Kemudian  menyebar ke selatan hingga ke Kota Ho Chi Minh. Pho tak hanya populer di negaranya tapi telah merambah ke negara lain seperti ke Prancis, negara yang pernah menjajah Vietnam.

Pho, mi khas Vietnam. | Foto wikimedia.org #serbabandung
Pho, mi khas Vietnam. | Foto wikimedia.org #serbabandung

Mi Vietnam ini terbuat dari tepung beras. Mi ini dalam penyajiannya dicampur tauge yang disimpan dalam mangkok. Toppingnya bisa  irisan daging ayam atau irisan tipis daging sapi. Bisa mentah atau matang sesuai selera.

Bila daging sapi mentah yang disajikan, mi disiram kuah panas agar irisan daging menjadi matang. Di atas mi ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombay sebagai penyedap.

Kuah pho merupakan godokan potongan besar daging sapi, tulang sapi, atau buntut sapi. Godogan tersebut membutuhkan waktu berjam-jam hingga sehari semalam. Kaldu Pho harus kental namun terlihat bening. Kaldu pho dibubuhi rempah-rempah yang erdiri dari jahe, kayu manis, dan bunga lawang.

Makanan pendamping pho adalah cakwe. Untuk menembah kenikmatan pho bisa ditambah sambal botol, kecap ikan, cuka, atau perasan jeruk limau. Pho biasanya disajikan untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Di Vietnam Selatan, pho dijadikan kudapan untuk sarapan atau sesekali makan siang.

Di Bandung, pho bisa dinikmari di beberapa restoran Vietnam. Salah satunya di Bun & Pho, yang lokasinya berada di Riau Junction, Jalan LL. RE Martadinata (Jalan Riau). Restoran ini menyajikan menu pho bo (mi kuah yang disajikan dengan bakso).

Pho juga tersedia di Kedai Chef Epi. Kedai ini terletak di Papaya Supermaket, Jalan Sukajadi. Pho di sini lebih menonjolkan rasa asli Vietnam.  Dalam penyajiannya pho dihidangkan dalam dua mangkuk. Mangkuk pertama berisi mi, bakso dan irisan daging sapi. Mangkuk lainnya berisi potongan bawang chung, jeruk nipis, taoge, irisan cabai rawit, cabai hijau, daun basil, dan daun mint.

Di My Hanoi House-Vitenamese Bistro juga bisa dinikmati pho. My Hanoi House memiliki konsep Vietnamese etnik minimalis dengan sajian makanan-makanan Vietnam. Restoran ini berada di Jalan Sunda No 75. *

Restoran Vietnam di Bandung

Bun & Pho
di Riau Junction, Jalan LL. RE Martadinata (Jalan Riau)

Kedai Chef Epi
di Papaya Supermaket, Jalan Sukajadi.

My Hanoi House-Vitenamese Bistro
di Jalan Sunda No 75.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.