Perpustakaan Umum di Bandung yang Layak untuk Dikunjungi

Lagi mencari perpustakaan umum di Bandung? Silakan pilih beberapa perpustakaan yang diulas di bawah ini. Ada yang unik, lengkap, dan menyediakan buku khusus.

Perpustakaan Kineruku yang berada di Jalan Hegarmanah 52, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, misalnya. Perpustakaan umum ini bukan sekadar menawarkan buku untuk dibaca, tetapi suasana yang nyaman menjadi tawaran istimewa perpustakaan tersebut.

Ada ribuan buku yang tersedia di Kineruku. Jenisnya pun bermacam-macam, seperti filsafat, sastra, budaya, desain, arsitektur, fiksi, biografi, buku-buku anak dan lain-lain. Buku-buku itu tertata rapi di rak-rak kayu di ruang utama.

Perpustakaan umum di Bandung yang layak dikunjungi adalah Perpustakaan Gasibu yang berada di Lapangan Gasibu. Yang berminat mengunjungi Perpustakaan Gasibu tidak dipungut biaya. Siapa pun boleh masuk asal menjaga ketertiban.

perpustakaan umum
Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Buku yang tersedia di Perpustakaan Gasibu ada 3.500 buku. Semua buku-buku tersebut termasuk komputernya merupakan bantuan dari Corporate Social Responsibility bank bjb. Buku-buku itu bisa juga dipinjam di bawa ke rumah asalkan telah menjadi anggota.

Perpustakaan Gasibu buka setiap hari pada pukul 09.00-19.00. Khusus untuk Sabtu buka pukul 09.00-16,00 dan Minggu buka pada pukul 06.00-12.00.

Perpustakaan lainnya di Bandung adalah Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat di Jalan Kawulayaan Indah II No.4, Soekarno Hatta, Bandung. Gedungnya berada di Kompleks kantor Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Badan Perpustakaan dan Kearsipan ini pun mengelola perpustakaan di Gasibu.

Perpustakaan Umum Buku Sunda

Yang mencari buku-buku Sunda ada di Perpustakaan Ajip Rosidi. Perpustakaan ini berada di Jalan Garut No 2 Bandung. Koleksi bukunya terdiri dari buku-buku tentang Sunda. Jumlahnya mencapai 60.000 buku.

Di Gedung Merdeka ada perpustakaan. Tepatnya di bagian belakang gedung bersejarah tersebut. Untuk ke sini bisa melalui pintu samping museum di Jl. Braga, tak jauh dari Gedung New Majestic. Di sini tersedia buku sejarah, sosial, politik, dan budaya Negara-negara Asia Afrika, dan negara-negara lainnya.

Di Jalan Margawangi VII No. 5 Margacinta ada Rumah Baca Buku Sunda (RBBS). Meski namanya ada Sunda-nya, di perpustakaan ini tersedia bermacam-macam buku, seperti politik, sosial, budaya, dan seni. Pemilik perpustakaan ini Mamat Sasmita yang kerap kali dipanggil Wa Sas.

Open library Telkom University patut dikunjungi. Perpustakaan ini memiliki fasilitas canggih, teknologi informasi digital dan fasilitas modern lainnya. Pusat pengetahuan ini bukan hanya untuk warga Telkom University tetapi juga masyarakat umum.

Open Library di Telkom University berdiri di area seluas 3200 m2. Berada di lantai 5 Gedung Manterawu, Jalan Telekomunikasi, Bandung, perpustakaan ini bisa menampung 1.000 orang. Konsepnya green futuristik.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.