Perpustakaan Anak-anak di Jalan Kawaluyaan Soekarno Hatta Bandung

PERPUSTAKAAN di Jalan Kawaluyaan Indah II No.4, Soekarno Hatta, Bandung, di dekat perumaham Metro Jalan Soekarno Hatta, ada ruangan baca khusus anak-anak. Perpustakaan anak-anak ini  berada di lantai 1 di gedung yang berlantai 4.

Ruangan itu ditata sedemikian rupa agar menarik minat anak-anak, dan betah membaca di sana. Warna ruangannya berwarna cerah. Yang menarik di dinding bagian atas ruang itu digambari lukisan seperti komik. Setiap bagian memiliki cerita masing-masing, seperti kisah Cinderalas, dan Sangkuriang.

Perpustakaan anak-anak
Perpustakaan anak-anak di Jalan Kawaluyaan Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di sebuah sudut ruangan ini oleh pengelola perpustakaan anak-anak ini dipasang perosotan untuk memberikan sarana permainan untuk anak-anak yang datang ke sana. Perosotan itu berwarna hijau menempel ke dinding ruang baca dan rak buku.

Buku-buku yang tersedia di sini  pictorial book, novel anak, dan buku-buku lama. Buku-buku tersebut bisa dipinjam ke rumah asal sudah menjadi anggota. Anak-anak juga bisa menjadi anggota dengan menambahkan KTP orang tua untuk melengkapi syarat lainnya.

Di ruangan itu ada bagian yang disekat oleh rak buku. Di sini tersedia esiklopedia untuk anak-anak. Khusus buku-buku di bagian ini tidak boleh dipinjam dibawa ke rumah  tapi hanya boleh dibaca di sini. Buku-buku itu berderet rapi di rak yang bercat putih.

Ruangan yang luas memberikan keleluasan pada anak-anak untuk membaca buku di mana saja. Tidak seperti di perpustakaan dewasa yang tersedia meja dan kursi yang formal, di sini disediakan kursi dan meja yang cocok untuk anak-anak. Kursi berbentuk tabung yang berbalut kain warna-warni. Anak-anak juga bisa hanya duduk di lantai yang berlapiskan karpet.

Pada Rabu (9/9/2015) sore, ada anak-anak yang sedang menikmati bacaan di ruang baca tersebut. Mereka tampak menikmati suasana ruang baca tersebut. Sementara di lobi perpustakaan, tak jauh dari ruang baca anak-anak, orang dewasa ada yang sedang mengobrol, mencatat  dan membaca buku.

Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat ini buka Senin-Sabtu. Untuk hari Senin-Jumat perpustakaan buka mulai pukul pukul 08.00 – 21.00. Sedangkan hari Sabtu buka mulai 08.00 hingga pukul 16.00. Pada hari Minggu dan libur nasional tutup. *

Syarat Jadi Anggota Perpustakaan Anak-anak di Kawaluyaan

  • Mengumpulkan foto 2×3 cm sebanyak 4 buah (berwarna)
  • Menyediakan fotokopi KTP sebanyak 1 buah. Jika pelajar/mahasiswa lampirkan kartu tanda siswa/mahasiswa.
  • Untuk Anak-anak lampirkan fotokopi KTP orang tua.
  • Untuk yang kost/kontrak rumah (Luar Daerah) lampirkan KTP pemilik rumah/surat keterangan RT/RW  setempat.
  • Jika Persyaratan sudah ada, isilah formulir di komputer pendaftaran sesuai dengan data dengan jelas.
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.