Pasir Kunci, Kampung di Ujungberung Bakal Jadi Primadona Wisata

Pasir Kunci adalah sebuah kampung yang masih asri di RW 11, Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Sebuah perkampungan yang berada di kaki Gunung Manglayang, kawasan Bandung timur. Kampung ini merupakan perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Kampung ini berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut. Untuk menuju ke sana membutuhkan kendaraan yang prima karena jalannya menanjak dan berliku. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan AH Nasution (Jalan Raya Ujungberung). Hanya 2 Km dari Pasar Ujungberung, melalui Jalan Nagrog kemudian ke Pasir Kunci.

Kawasan kampung ini terkenal kesejukannya. Suasana sejuk mulai terasa dari jarak beberapa ratus meter sebelum sampai di Kampung Pasir Kunci. Pemandangan Gunung Palasari dan Gunung Manglayang tampak terlihat jelas, meski kadang tertutup kabut yang tipis.

Hamparan sawah yang pematangnya tertata menjadi pemandangan tersendiri. Jauh mata memandang lautan bangunan di Kota Bandung pun bisa terlihat dari sini. Tower kembang Masjid Raya Badung Raya Provinsi Jawa Barat pun bisa terlihat samar dari kampung tersebut.

pasir kunci
Kampung Wisata Pasir Kunci, Ujungberung, Kota Bandung. | Foto http://www.bandungtourism.com/tododet.php?q=Kampung%20Wisata%20Pasir%20Kunci

Kampung Pasir Kunci belum terkenal seperti tempat wisata lainnya. Meski begitu, tempat ini sudah dipersiapkan untuk menjadi tempat wisata. Di gerbang kampung tersebut telah dibuat gapura yang bertuliskan Wilujeng Sumping yang artinya selamat datang.

Sebuah perkampungan khas Sunda lengkap dengan saung-saungnya sudah mulai terlihat ketika melewati gapura tersebut. Jembatan terbuat dari bambu merupakan jalan menuju ke saung-saung tersebut semakin menambah suasana pedesaan di sini.

Fasilitas di Kampung Wisata Pasir Kunci

Di saung-saung ini pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan khas Sunda. Di saung lainnya, yakni di Saung Padepokan, pengunjung bisa melihat berbagai kegiatan seni seperti calung, angklung, seni bela diri, dan sebagainya.

Suasana pedesaan yang tenang dan asri sangat terasa. Termasuk juga kolam-kolam ikan yang berada di sana. Kolam-kolam tersebut bisa digunakan untuk memancing oleh pengunjung. Tempat wisata ini biasanya ramai pada akhir pekan atau hari libur.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, pernah mengunjungi dan mengecek keadaan Kawasan Wisata Pasir Kunci tersebut, Selasa (15/10).

Bahan Tulisan:

sebandung.com

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.