Pabrik Boneka di Bandung di Kawasan Sukamulya Sukajadi

TAHU tidak, kalau Bandung bukan hanya ada tempat untuk berwisata alam dan berkuliner. Kota yang sering disebut kota kembang ini pun memiliki sentra yang sayang untuk dilewatkan. Tengok saja di Sukamulya, Kecamatan Sukajadi, di sana terdapat sentra boneka. Pabrik boneka di Bandung ini menjanjikan boneka-boneka lucu yang berkualitas.

Pabrik boneka di Bandung ini menyediakan beraneka jenis boneka, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang super besar. Dengan harga yang terjangkau, setiap boneka dibandrol dengan harga yang berbeda, dimulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah siap dibawa pulang pembeli.

Setiap pabrik di Sukamulya ini rata-rata bisa memproduksi 250-1.000 boneka. Bentuk boneka produksinya tergantung pemesan. Adapun omzetnya bisa mencapai Rp 250 juta. Produsen boneka di Sukamulya biasanya memperkerjakan 20 orang dan bisa bertambah jika pesanan terus bertambah.

Pemilik toko sekaligus pengrajin, Eva menuturkan, contoh ketika ada pesanan dari toko mainan anak-anak sebanyak 11 ribu boneka dan harus selesai dalam waktu sebulan. Untuk mensiasati hal tersebut, Eva terpaksa matok target kepada pegawainya membuat boneka sebanyak 4.000 unit dalam sepekan.

Strategi Pabrik Boneka di Bandung

pabrik boneka di bandung
Sentra boneka di Jalan Sukamulya, Babakan Jeruk, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. | Foto sentraindustribandung.com

“Dengan strategi seperti itu, produksi boneka kami terus berlanjut, jadi tidak hanya fokus kepada 1 orderan saja. Sehingga setiap patokan selesainya pemesanan saya selalu tepat waktu,” ujarnya di rumah sekaligus tempat produksi, PD Motekar Jalan Sukamulya, seperti dikutip Bandung.go.id, Rabu (21/2/2018).

Menurut Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sukajadi, Taufik Hidayat, di wilayah Sukagalih ada sebanyak 6 pengusaha boneka. Menariknya di kawasan tersebut, model boneka selalu menyesuaikan tren terbaru. Seperti kartun, binatang bahkan pesanan seperti boneka Pemilu sebagai ikonnya dibuat di kawasan ini.

Dukungan dari kewilayahan salah satunya akan mengadakan pameran secara bersama dengan pengrajin boneka. Rencananya, pelatihan tenaga kerja industri juga akan digelar. “Hal itu menjadi usaha kami di kewilayahan agar para pengrajin industri rumahan boneka lebih produktif dan menyambar wawasan dalam membuat boneka dengan tepat dan cepat,” katanya.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.