Onderdil Bisa Diperoleh di Pasar Bekas di Bandung

Bagi warga Bandung yang mencari onderdil bekas tidak akan sulit. Di kota ini banyak sekali pasar-pasar barang bekas yang menjual onderdil atau spare part. Sebut saja Pasar Jatau, Cihapit, atau di kawasan Banceuy. Pasar-pasar tersebut menjual semua jenis onderdil bekas, tak hanya untuk mobil tapi juga untuk keperluan mesin lain dan bahkan kendaraan berat.

Di Pasar Jatayu, pasar barang bekas yang melegenda di Bandung menyediakan untuk keperluan tersebut. Pasar ini berada di Jalan Komodor Supadio, Kelurahan Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo. Tidak jauh dari Jalan Pajajaran, dan Jalan Arjuna.

Untuk ke sana, pemburu spare part bekas bisa masuk dari Jalan Aruna atau Jalan Arjuna kalau dari Jalan Pajajaran. Adapun yang dari Jalan Rajawali Timur, sebelum Pasar Andir, belok kiri ke Jalan Arjuna. Ikuti jalan itu hingga menemukan bundaran simpang empat. Di sanalah pasar itu berada.

Sepanjang Jalan Arjuna pedagang barang bekas, terutama spare part sudah mulai terlihat. Di kios-kios yang berjejer di tepi Jalan Arjuna, terlihat bergelantungan sepatbor, knalpot, shockbreaker motor dan lain-lain. Kios-kios penjual spare part bekas itu berjejer hingga ke Jalan Komodor Supadio di mana pasar tersebut berada.

onderdil
Pasar Jatayu, tempat penjual onderdil bekas di Bandung. | Foto serbabandung.com

Bagaimana di pasar barang bekas kawasan Jalan Astanaanyar? Meski bercampur dengan penjual barang bekas lainnya, penjual spare partbekas pun banyak terlihat di sini. Penjual barang bekas ini berada dekat Jalan Oto Iskandardinata, tak jauh dari Lapangan Tegallega. Namun, kadang pasar ini menghilang kemudian muncul lagi karena adanya penertiban.

Tak jauh dari Astanaanyar ada Pasar Barang Bekas Pajagalan. Di sini tidak khusus menjual onderdil bekas, tetapi ada beberapa lapak yang khusu menawarkan spare part untuk mobil dan sepeda motor.

Onderdil Bekas di Cihapit

Di kawasan Cihapit, para pedagang barang bekas tersebar mulai dari Jalan Cihapit, Jalan Cibeunying Utara, dan Jalan Bengawan. Berbagai macam barang ada di sini. spare part buat mobil atau sepeda motor juga banyak pilihan bagi yang ingin sekadar mengganti spare part mobil. Bisa juga mencari spare part untuk memodivikasi kendaraan. Tingga pembeli teliti dan bisa memilih barang bekas tersebut pasti mendapatkan onderdil yang diinginkan.

Yang khas dari pasar loak Cihapit adalah yang menjual audio untuk mobil. Para pembeli bisa memilih audio dari berbagai merek. Selain membeli, audio tersebut bisa langsung dipasang di sana. Tinggal mencari audio mana yang mau dibeli, kemudian pasang.

Jalan Banceuy tetap terkenal dengan sentra onderdil hingga sekarang. Di sini berbagai macan onderdil bekas, terutama mobil bisa didapatkan. Di trotoar jalan berderet roda pedagang yang menjajakannya. Tidak hanya onderdil tapi juga aksesori mobil seperti setir, velg, lampu, dan lain sebagainya. Jika membeli di sana biasanya para pembeli mendapatkan sevis dari pedagang berupa jasa pemasangan.

Jalan Banceuy yang memanjang dari Jalan Asia Afrika hingga Jalan Suniaraja ini terpotong oleh Jalan ABC. Para pedagang di sentra onderdil Jalan Banceuy berderet mulai dari perempatan Jalan ABC dengan Jalan Banceuy hingga ke Jalan Suniaraja.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.