Nasi Tutug Oncom Itu Makanan Tradisional yang Nikmat

Nasi TUTUG oncom (TO) adalah makanan tradisional Sunda, tepatnya Tasikmalaya. Olahan manakanan dari nasi ini sekarang mulai banyak dijual di kafe, restoran, food court bahkan di hotel di Bandung. Bahkan sekarang ada nasi tutug oncom instan yang bisa dibeli di supermarket atau toko makanan untuk dijadikan oleh-oleh.

Makanan berat ini tadinya biasa disajikan di rumah untuk santap bareng keluarga. Terbuat dari nasi dan oncom bakar. Oncom itu ditumbuk atau ditutug  (Bahasa Sunda) kemudian diaduk bersama nasi hingga tercampur merata. Sesuai proses penyediaannya maka nasi ini disebut nasi tutug oncom.

Nasi yang akan dibuat nasi TO  nasinya harus pulen karena jika tidak rasanya akan tidak nikmat. Untuk menambah harum,  tutug oncom biasanya beralas atau dibungkus daun pisang yang dipanaskan. Duan pisang ini bisa memberika efek harum.

Nasi TO ini harus disantap saat lagi hangat. Nasi to bisa disantap tanpa lauk atau dengan lauk. Sebagai pelengkap yang paling favorit adalah sambal terasi yang pedas. Nasi TO yang masih hangat jika dicocolkan ke sambal terasi tersebut bakal menimbulkan sensasi yang tak bisa diceritakan.

Selain sambal, lauk yang biasa disajikan dengan nasi TO adalah ayam goreng atau panggang, tahu, tempe dan lalapan. Bisa juga ditambahkan jengkol, atau petai. Bahkan pepes ikan. Pada dasarnya nasi TO bisa cocok dengan lauk apapun kecuali dengan sayur atau masakan berkuah lainnya.

Di Bandung nasi TO salah satunya bisa diperoleh  di Butterfield Kitchen, Jalan Dipati Ukur. Tutug oncom di sini disajikan bersama ikan tongkol cacah, tahu, tempe serta ayam goreng bumbu kuning. Cara mengolahnya  menggunakan teknik chinese wok.

Selain oncom, tutug oncom di Butterfield Kitchen ditambahkan urap serta pindang tongkol. Rasanya bisa pedas bagi yang suka pedas. Satu porsi menu ini harganya Rp 60.000.

TO juga bisa diperoleh di Rumah makan Sari Parahyangan, Jalan  R.E. Martadinata No.156 Bandung, Jalan Purnawarman, dan Jalan Lengkong Besar. *

Nasi Tutug Oncom di Bandung

  • Butterfield Kitchen, Jalan Dipati Ukur.
  • Rumah makan Sari Parahyangan, Jalan  R.E. Martadinata No.156 Bandung.
  • Jalan Purnawarman
  • Lengkong Besar
  • Di Foodtruck Preman Oncom, Jalan Cisangkuy No 62 Bandung
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.