Nasi Timbel Populer dan Banyak Dicari di Kota Bandung

BAGI penyuka nasi timbel atau sangu timbel dalam bahasa Sunda tentu paham betul dengan tempat-tempat penyedia makanan berat khas Jawa Barat ini. Nasi ini memiliki rasa khas karena kepulenannya dan keharumannya. 

Nasi yang biasanya dibungkus daun pisang ini banyak dijual di warung-warung nasi baik kaki lima maupun di restoran. Satu di antaranya adalah di Rumah Makan Sunda Ampera. Nasi timbel ini bisa dimakan di tempat atau dibawa pulang. 

Nasi timbel yang disediakan di Rumah Makan Ampera bisa disantap dengan lauk yang tersedia, seperti ayam goreng, ikan mas goreng, tahu, tempe, sambal, dan lalapan. Bisa juga disantap dengan ati ampela dan lauk lainnya. 

Nasi timbel dalam kotak dari Rumah Makan Ampera, pun disediakan dengan lauk-pauknya. Lauknya sesuai permintaan. Namun biasanya, lauk nasi pulen tersebut adalah daging ayam goreng, tempe, tahu, sambal goreng tempe teri, sambal terasi, dan lalapan. 

Di Rumah Makan Sunda lainnya, yakni di Rumah Makan Ponyo tersedia nasi timbel komplet. Nasi yang dibungkus daun pisang berbentuk tabung bisa disantap dengan lauk yang telah disediakan, seperti ayam goreng, ikan mas goreng, dan sambal khas Ponyo.

Nasi pulen khas  Ponyo selain bisa disantap di tempat juga bisa dipesan dan dibawa pulang untuk disantap di mana pun. Mengenai menunya, biasanya berdasarkan keinginan para pembeli. 

nasi timbel
Nasi timbel khas Ampera. | Foto serbabandung.com

Nasi Timbel Bawean

Timbel juga ada penjual khusus, seperti  Nasi Timbel Bawean berlokasi di Jalan Bawean Pav 3. Letaknya di seberang Toko Kue Bawean, dekat Stadion Siliwangi, Warung ini sudah ada 1985.  Tempatnya sederhana, di sebuah rumah, di depannya tersedia roda tempat menyimpan lauk-pauk.

Lauk pauk yang tersedia di sini, di antaranya ikan mas goreng, ikan nila, mujaer, kemudian ayam goreng, ati ampela, tahu, tempe bacem, gepuk, beragam pepesan, ikan asin, dan tentu saja sayur asem, serta
sambal.

Kedai Tombel Dago perlu dicoba. Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 117.  Dibanding timbel di tempat lain, harga yang ditawarkan di
sini terbilang lebih tinggi. Namun, harga tersebut sangat sepadan dengan kenikmatan serta kenyamanan tempatnya. Kedai ini buka pukul 11.00-16.00.

Jika Anda memiliki referesnsi mengenai kedai timbel lainnya silakan tambahkan di kotak komentar di bawah ini.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “Nasi Timbel Populer dan Banyak Dicari di Kota Bandung

  • 19/10/2018 at 10:12 AM
    Permalink

    memang enak sih makanan di rumah makan ampera nikmat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.