Museum Perbendaharaan, Museum Baru di Gedung Dwi Warna

Bandung punya museum baru. Namanya Museum Perbendaharaan yang diresmikan pada 26 September 2017. Museum Perbendaharaan berada di Gedung Dwi Warna, Kantor Dirjen Perbendaharaan, Jalan Diponegoro 56.

Pendirian museum ini untuk wahana sarana dokumentasi dan juga media edukasi bagi masayarakat. Di museum tersebut, pengunjung bisa lebih mengenal mengenai pengelolaan keuangan negara, khususnya perbendaharaan di Indonesia.

Sebelum diresmikan pada 26 September 2017, museum ini di-softlaunching oleh Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, pada 21 Maret 2017 di Gedung Dwi Warna.

Museum Perbendaharaan menempati sayap barat lantai 1 Gedung Dwi Warna. Gedung ini sangat bersejarah karena di ruangan ini juga rapat-rapat Komisi Ekonomi dan Komite Kebudayaan Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955 berlangsung. Dwi Warna bersebelahan dengan Museum Geologi yang sudah lama berdiri.

museum perbendaharaan
Gedung Dwi Warna, tempat Museum Perberndaharaan berada. Gedung tersebut berada di Jalan Diponegoro, Bandung. | Foto serbabandung

Seperti halnya museum lain, Museum Perbendaharaan menyajikan sejumlah display menarik yang bisa dilihat oleh pengunjung. Selain itu tersedia juga , foto, koleksi dokumen, artefak dan peralatan kerja yang bernilai historis. Semua yang disajikan berkaitan dengan dinamika pengelolaan keuangan negara, khususnya perbendaharaan.

Ada tujuh bagian yang bisa dinikmati pengunjung museum tersebut, mulai dari sejarah perbendaharaan, auditorium, wall of fame, pojok KAA, koleksi benda dan peralatan kantor, koleksi buku staatsblad, dan special mission.

Museum Perbendaharaan Berbasis Internet

Disebutkan dalam laman djpbn.kemenkeu.go.id, koleksi museum yang tersedia cukup menyajikan informasi yang lengkap mulai dari perkembangan organisasi, sistem pengelolaan dan kebijakan di bidang keuangan negara, tokoh-tokoh penting serta rekam jejak momen-monen penting yang terkait.

Masih dalam laman yang sama, disebutkan museum ini juga dilengkapi dengan sarana penunjang interaktif berbasis internet online seperti display layar sentuh sebaran kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI dan tayangan video yang dapat diakses pengunjung secara langsung.

Warga yang berminat untuk berkunjung setiap hari pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. Untuk informasi lengkap bisa menghubungi Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat. Bisa juga via telepon ke nomor (022) 7207046.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.