PENYUKA minuman dingin, di Bandung ada beberapa kedai dan penjual minuman dingan kaki lima yang layak untuk dicoba. Beberapa di antaranya bahkan telah melegenda dan terkenal ke seluruh Indonesia. Minuman dingin tersebut adalah es cendol, es campur, dan es goyobod.

Es cendol Elizabeth adalah minuman khas Kota Bandung. Minuman yang terbuat dari sagu ini menjadi kesukaan warga kota kembang karena kelezatan dan kesegarannya. Lagi pula harganya relatif terjangkau oleh siapa pun.

Minuman dingin ini hampir sama dengan dawet, minuman dari Jawa Tengah. Perbedaannya cendol berwarna hijau terbuat dari sagu, dan ukurannya lebih besar. Adapun dawet terbuat dari bahan yang sama namun warnanya berbeda, yakni putih dan ukurannya lebih kecil.

Penjual minuman dingin ini di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung. Tidak jauh dari Lapangan Tegallega. Es cendol Elizabeth juga bisa diperoleh di Jalan Oto Iskadardinata, Cihampelas, Merdeka, Buahbatu, Setrasari, Pahlawan, Kopo, Majalaya, dan di Tasikmalaya.

minuman dingin
Es Cendol Elizabeth di Jalan Inhoftank. | Foto serbabandung.com

Goyobod Minuman Dingin Murah Meriah

Minuman dingin lainnya adalah goyobod. Di Kota Bandung banyak penjualnya. Mulai dari yang kaki lima hingga masuk ke hotel-hotel berbintang. Satu di antaranya yang berjualan di Jalan Kliningan B-9 Bandung. Tak jauh dari Jalan Buahbatu. Dekat sekolahan, SMKN 4, persis di seberang pintu gerbangnya. Namamya Gokil alias Goyobod Kiliningan.

Pembeli Goyobod Kliningan ini kebanyakan pelajar. Kawasan Jalan Kliningan yang dekat dengan lokasi beberapa sekolah menjadikan tempat ini jadi tongkorongan pelajar setelah pulang sekolah. Harganya yang terbilang murah Rp 5.000 membuat para pelajar tidak sulit untuk merogoh kantongnya. Harga tersebut kemungkinan bisa berubah tergantung pengelola.

Goyobod Kliningan
Goyobod Kliningan. | Foto serbabandung.com

Goyobod adalah campuran dari hunkue yang dibuat kotak-kotak, serutan kepala, sirop, dan serutan es. Yang membuat goyobod ini terasa berbeda dengan es campur lainnya adalah campuran roti yang dimasukkan ke dalam campuaran tadi. Goyobod biasanya disajikan untuk takjil saat berbuka puasa pada bulan Ramadan.

Minuman dingin favorit lainnya adalah es campur. Campuran buah-buahan yang ditaburi serutan es dan dilaburi susu serta pemanis membuat minuman ini menyegarkan. Apalagi kalau dinikmati saat siang hari dan dalam keadaan kehausan.

Es Oyen adalah es campur yang paling dicari di Bandung. Kedai es ini ada di mana-mana, meski penggemarnya akan tetap ke Jalan Sukajadi dan Jalan Sederhana, tempat pertama kali yang menggunakan merek Es Oyen. Es Oyen memang menyegarkan dan harganya relatif terjangkau oleh semua kalangan

Secara kasat mata es campur Oyen terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka. Kemudian diberi es serut dan susu kental manis.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.