Mi Linggar Jati yang Melegenda di Kota Bandung

MI Lingga Jati di Jalan Balonggede No 1 adalah salah satu mi yang populer di Kota Bandung. Kedai mi ini sudah lama berdiri yakni pada 1950.  Berarti sejak berdirinya hingga sekarang mi Linggar Jati sudah berusia 65 tahun. Usia yang tidak muda lagi. Dulunya kedai mi ini adalah rumah makan biasa. Bukan khusus menjual mi bakso.

Jalan Balonggede adalah sebuah jalan kecil yang terletak di Jalan Dalem Kaum. Jalan ini tembus ke Jalan Pungkur dan Jalan Mohamad Toha. Jika bingung patokannya adalah pendopo atau bangunan bekas bioskop Dian. Belokan Balonggede di samping bangunan tersebut.

Mi Linggar Jati di Jalan Balonggede Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Mi Linggar Jati di Jalan Balonggede Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Mi Lingga Jati tak jauh dari belokan tersebut. Letaknya di samping bioskop Dian. Bangunannya masih bergaya lama. Jika tidak berubah kedainya berwarna hijau. Tulisan Lingga Jati tertulis besar-besar di plang berwarna oranye di atap kedai tersebut. Jalan di sini sempit sehingga akan sulit mendapatkan tempat parkir jika kedai ini dalam keadaan penuh pengunjung.

Lalu mengapa kedai mi ini menjadi sangat terkenal? Jawabannya adalah  mi yamin. Mi yamin di sini disajikan dengan suwiran daging ayam di atasnya. Bakso disajikan dalam mangkok terpisah dengan kuah yang menggoda selera. Di kuah teraebut masih ditambah potongan-potongan kecil daging babat.

Menu Mi Linggar Jati

Menu lainnya adalah mi bakso pangsit, mi ayam,  mi babat, mi bakso babat, mi spesial, mi bakso tahu, mi bakso siomay, dan sajian menu mi lainnya.  Sajian lainnya adalah bakso bihun, bihun pangsit, bihun babat, bihun ayam, bihun bakso babat, bihun bakso pangsit, dan sajian bihun lainnya.

Masih kurang? Di sini masih tersedia menu lainnya  seperti bihun spesial, babat kuah, pangsit kuah, tahu kuah, siomay kuah, bakso babat kuah, dan bakso pangait kuah. Silakan memilih sesuai selera.

Menu-menu yang disajikan di kedai Mi Lingga Jati   kisaran Rp 30.000-Rp 50.000. Harga tersebut  tidak membuat kedai ini sepi pembeli. Malah sebaliknya kedai ini selalu dipenuhi penggemar mi yamin khas Linggar Jati.

Jangan lupa di sini juga tersedia minuman yang menyegarkan.  Es Alpukat salah satunya. Di sini satu buah alpukat untuk satu gelas. Ada juga es teler, es shanghai, es kelapa, es susu soda, es jeruk, dan soft drink berbagai merek. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.