Lotek Bandung yang Lezat dan Nikmat

SUDAH coba makan lotek? Rugi kalau belum. Salad khas Sunda ini sangat mudah didapat di Kota Bandung. Jika tak mau ke luar rumah, tinggal bikin sendiri karena ternyata lotek Bandung  tidak sulit untuk membuatnya.

Lotek adalah rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Sayuran yang digunakan untuk membuat lotek biasanya kacang panjang,  labu siam, kangkung,   touge, nangka muda,  tempe, dan tahu. Untuk membuat lotek tersebut lezat sayuran   direbus dulu.

Adapun sambalnya   terbuat dari kacang tanah,  cabai merah besar,  cabai rawit merah,  kencur,  garam, gula merah,  air asam jawa, dan   air hangat. Untuk menambah kelezatan sambal tersebut ditambah tempe, terasi, gula merah, dan bawang putih.

Lotek LAkateri Bandung | Foto serbabandung.com #serbabandung
Lotek Bandung di Alkateri | Foto serbabandung.com #serbabandung

Lotek biasa  disajikan dengan lontong atau nasi hangat. Untuk menambah kenikmatan lotek dibubuhi kerupuk dan bawang goreng.

Penjul lotek di Kota Bandung banyak sekali. Namun ada beberapa penjual lotek yang populer di Kota Bandung. Para penjual lotek ini bahkan telah lama berjualan. Rasanya juga sudah diakui kelezatannya.

Lotek Kalipah Apo adalah salah satu lotek yang pantas dikedepankan. Berada di Jalan Kalipah Apo 42. Lotek ini sudah termasyur ke mana-mana, dan  sudah beroperasi sejak 1953. Lotek Kalipah Apo terlihat seperti lotek biasa saja. Namun setelah dicicipi terasa lezatnya bumbu kacang berbalut bau kencur dalam campuran kol, taoge, kacang panjang, bayam, kangkung, dan nangka muda. Belum lagi tempe dan lontongnya yang menggoda selera,  dan kerupuk udang melengkapi sajian nikmat ini.

Lotek Bandung di Jalan Alkateri

Di Jalan Akateri ada Lotek Alkateri. Lotek di dekat persimpangan Jalan Alkateri dan Jalan ABC ini berada di emperan toko di kawasan tersebut. Keunikan lotek di sini adalah sajian lotek yang dibubuhi daun pepaya dan daun pare (paria). Kedua daun ini sangat jarang disajikan dalam lotek pada umumnya. Oleh karena itu lotek di sini rasanya pahit. Jika penikmat lotek tidak mau loteknya rasanya pahit, penyajiannya tidak dicampuri daun pare, atau pepaya.

Kemasan loteknya juga unik. Lotek tersebut dibungkus dalam kertas bungkus nasi yang dilapisi daun pisang. Bentuknya kerucut seperti corn es krim.  Bentuk tersebut membuat lotek ini  mudah untuk membawanya.

Lotek lezat lainnya adalah Lotek Macan. Lotek ini berada di Jalan Macan kawasan Buahbatu. Ciri khas lotek di sini adalah taburan kerupuk berwarna pink. Jangan lupakan Lotek Cihapit di Jalan Cihapit. Rasa bumbunya tidak kalah dengan lotek-lotek lainnya.

Punya lotek yang layak direkomendasikan silakan tambahkan di kotak koemntar di bawah ini. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.