Lontong Kari Khas Bandung Cocok untuk Sarapan

MENU ini biasanya disajikan untuk sarapan. Namanya lontong kari. Penjualnya mudah diperoleh di jalanan di Bandung. Biasanya mereka berjualan dengan cara dipikul berkeliling ke permukiman. Namun ada juga yang membuka kedai permanen dan yang semipermanen.

Lontong kari yang melegenda di Bandung adalah Lontong Kari Kebon Karet. Kedai lontong ini sudah berdiri sejak 1986. Lokasinya di Jalan Oto Iskandardinata, Gang Kebon Karet No 28 tak jauh dari Gedung Pakuan, kediamannya Guberbur Jabar.

Lontong  Kebon Karet berbeda dengan lontong kebanyakan. Di sini kepadatan lontongnya tidak terlalu keras maupun lembek. Saat pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet sehingga daya tahannya hanya 9 jam saja.

Kuah yang disediakan di kedai ini memiliki keistimewaan. Karinya terbuat dari campuran 14 rempah-rempah. Untuk menjaga rasa kari lontong selalu diberi bumbu dalam dua jam sekali.

Lontong Kari Kebon Karet
Lontong Kari Kebon Karet

Satu porsi longtong kari di sini terdiri dari delapan sampai sembilan potong lontong, potongan daging sapi bagian sengkel, daging ayam, kacang, bawang, emping, jeruk purut, kentang, dan telur puyuh.

Lontong Kari Ibu Sri di Buahbatu

Lontong kari ayam Ibu Sri di Jalan Buahbatu No.58 patut dicoba. Tenda berjualan lontong ini berada di trotoar tepi jalan depan Bank Saudara.

Porsi  yang disajikan kuahnya berwarna kuning kecokelatan. Pelengkap lontong ini adalah suwiran ayam, kacang, bawang goreng, telur, dan ditemani kerupuk emping.

Tenda  Ibu Sri buka setiap hari pukul 06.00 WIB – 12.00 WIB.

Sajain khas Bandung ini pun  bisa diperoleh di kedai Pak Kumis di Jalan Pasirkoja. Tempat makannya sederhana berupa gerobak dan kursi plastik untuk duduk pelanggannya. Kari yang disiramkan ke potongan lontong, ayam suir, dan potongan kikilnya membuat penimatnya ketagihan.

Lontong Kari Sapi Gempol yang masih satu tenda dengan Kupat Tahu Gempol di Jalan Gempol Kulon No 53, Citarum, pun jangan terlewatkan. Dalam satu porsinya  bertaburan potongan telur rebus, suwiran daging sapi, dan bawang goreng. Kedainya buka setiap hari pukul 06.00 WIB-11.00 WIB.

Lontong Kari Ayam 322 di Jalan Pagarsih No 322, Sukahaji, Babakan Ciparay, Kota Bandung, sayang untuk dilewatkan. Karinya yang khas membuat pelanggannya ingin balik lagi.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.