Lontong Kari Kebon Karet Dekat Gedung Pakuan

KALAU ada makanan di Bandung yang melegenda, ya, Lontong Kari Kebon Karet. Kedai lontong kari ini sudah berdiri sejak 1986. Kedai ini tepatnya berada di Jalan Oto Iskandardinata, Gang Kebon Karet No 28 tak jauh dari Gedung Pakuan, kediamannya Guberbur Jabar.

Penggemar lontong ini datang dari mana-mana. Bahkan ada yang datang dari Malaysia dan Singapura. Pelancong dari negeri jiran yang ke kedai Lontong Kari Kebon Karet biasanya sedang menginap di hotel di kawasan yang dekat dengan Gang Kebon Karet.

Lontong Kari Kebon Karet
Lontong Kari Kebon Karet

Mereka tidak sekadar menikmati Lontang Kari Kebon Karet yang terkenal lezat, tapi bernostalgia mengenang masa muda. Mereka tak bisa melupakan rasa lontong dari yang khas buatan Gang Kebon Karet.

Lontong Kari Kebon Karet berbeda dengan lontong kebanyakan. Lontong di sini kepadatannya proporsional, tidak terlalu keras maupun lembek. Lagi pula saat pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet sehingga daya tahannya hanya 9 jam saja.

Kuah yang disediakan di kedai ini  memiliki keistimewaan. Karinya terbuat dari campuran 14 rempah-rempah. Untuk menjaga rasa kari lontong selalu diberi bumbu dalam dua jam sekali.

Satu porsi longtong kari di sini terdiri dari delapan sampai sembilan potong lontong, potongan daging sapi bagian sengkel, daging ayam, kacang, bawang, emping, jeruk purut, kentang, dan telur puyuh.

Harga seporsi longtong di kedai ini  Rp 19.000. Adapun porsi spesial dibanderol lebih mahal yakni Rp 21.000. Menu spesial lontong kari di sini akan mendapat tambahan dua butir telur puyuh. Harga tersebut bisa saja telah diubah pemilik kedai.

Awalnya bisni Lontong Kari Kebon Karet dijalankan H Engkos Kosasih menggunakan gerobak di pinggir jalan. Ia kemudian bisa menetap di kedainya sekarang. Pada 1986, usahanya ini diteruskan putranya Hendi dan terkenal hingga sekarang.

Lontong Kari Kebon Karet Buka Pukul 07.00 s.d 21.00

Lontong Kari Kebon Karet buka pukul 07.00 s.d 21.00. Jika tak ingin kehabisan sebaiknya datang saja lebih awal dari jam tutupnya karena penggemar lontong akan selalu memburu makanan lezat ini.*

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.