Kebun Tanaman Obat Sari Alam yang Memberikan Pengalaman Menarik

TEMPAT wisata yang nenawarkan berbeda kepada pengunjungnya adalah Kebun Tanaman Obat  (KTO)  Sari Alam Ciwidey. Di sini tidak hanya menawarkan panorma indah khas Ciwidey, pemgunjung pun  bisa berobat terapi herbal sekaligus mempelajari tanaman-tanaman yang berguna bagi pemgobatan.

Klinik Pengobatan Herbal KTO Sari Alam berada di Jalan Raya Bandung Ciwidey Km 26 No 8, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Untuk mencapai lokasi dari jalan raya,  pengunjung  harus berjalan kaki melewati jalan yang menanjak. Di sepanjang perjalanan pemandangan indah bisa disaksikan pengunjung. Sesampai di lokasi terdapat beberapa saung peristirahatan untuk para pemgunjung.

KTO Sari Alam memiliki perkebunan tanaman obat. Selain tanaman obat dari Indonesia ada yang berasal dari mancanegara seperti jinten hitam yang berasal  dari Timur Tengah. Jenisnya  hampir 1000-an.  Khasiatnya  mampu mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit mematikan atau kronis seperti kanker.

Terapi herbal di sini pun menggunakan tanaman-tanaman di kebun yang tak jauh dari klinik tersebut. Lokasi perkebunan obat ini di Bukit Primadona, Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu. Pengunjung bisa mengenal tanaman-tanaman beserta khasiatnya di perkebunan ini.

Bagi yang ingin lebih mengetahui khasiat beberapa tanaman obat, KTO Sari Alam menyediakan program wisata edukasi berupa seminar. Dalam kegiatan tersebut pengunjung  bisa memperoleh pengetahuan tentang pola hidup sehat berbasis herbal, kajian penyalit khusus dan solusinya, program aplikasi pola hidup sehat,  dan masih banyak yang lainnya.

KTO Alam Sari pun  menyediakan pondokan yang refresentatif. Terdapat 4 tempat bermalam sekelas cottage atau vila yang  biasa dipergunakan pengunjung yang belajar atau berwisata edukasi di sini. Harganya pun  terjangkau, tidak lebih dari 500 ribu per malam. 

Kebun tanaman obat
KTO Sari Alam di Ciwidey, Kabupaten Bandung. | Foto https://tempatwisatadibandung.info

KTO Alam Sari memiliki luas 21 hektare. Pemiliknya adalah suami istri Djadjat Sudradjat dan Oday Kodariah. Berdiri pada 1990-an. Awal pendirian kebun obat ini ketika  Oday divonis  kanker serviks pada Januari 1990. Selama hampir 3 tahun, Oday berobat secara medis.

Pada 1993, Oday kedatangan saudara dari Sumatra yang membawa obat herbal yaitu Bawang Dayak. Oday mengonsumsi obat herbal tersebut hingga  mulai membaik. Mulai saat itulah Oday berpikir untuk memiliki kebun tanaman obat sendiri. KTO Sari Alam menerima banyak sekali penghargaan, seperti dari pemerintah republik Indonesia

Bahan tulisan: https://tempatwisatadibandung.info/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.